MTQ Nasional XXVIII Segera Ditabuh, Kemenag Sumbar Ajak Giatkan Lima Gerakan Terkait Al-quran


Kamis, 22 Oktober 2020 - 20:20:47 WIB
MTQ Nasional XXVIII Segera Ditabuh, Kemenag Sumbar Ajak Giatkan Lima Gerakan Terkait Al-quran Kantor Kemenag Sumbar. Ist

HARIANHALUAN.COM - Seiring akan digelarnya Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) tingkat Nasional ke XXVIII di Sumbar pada November nanti, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kakanwil Kemenag) Sumbar mengingatkan kembali untuk selalu menggiatkan 5 (lima) gerakan terkait Al-quran.

Pertama, gerakan membaca Al-quran. Sejak beberapa tahun yang lalu pihaknya sudah menggaungkan kembali Gerakan Maghrib Mengaji dan di dukung oleh seluruh Pemerintah Kabupaten/Kota di daerah itu.

"Alhamdulillah gerakan tersebut sudah berjalan dengan baik, dan mendapat respon positif dari masyarakat Sumbar yang memiliki filosofi adat basandi syarak, syarak basandi kitabullah," tutur Hendri, Kamis (22/10/2020).

Kedua, Gerakan Tahfidz Al-Quran. Hampir di seluruh Kabupaten/Kota di Sumatera Barat saat ini sedang menggiatkan semangat menghafal Al-Quran, bahkan baru saja mewisuda ribuan hafidz.

Ketiga, Gerakan Memahami Al-Quran. Tentunya tidak hanya cukup dengan membaca dan menghafal Al-Quran saja, tetapi juga harus diupayakan untuk memahaminya. Agaknya tidak ada lagi alasan keterbatasan media untuk memahami Al-Quran.

"Ratusan kitab-kitab tafsir, ataupun secara online kita dapat menambah pemahaman terkait ayat-ayat Al-Quran. Untuk itu mari kita sediakan waktuguna memahami Al-Quran ini," sebut Hendri.

Keempat, Gerakan Mengamalkan AI-Quran. Apalah artinya pengetahuan dan ilmu Al-Quran kita yang tinggi, jika tidak diamalkan dalam kehidupan sehari-hari. Hasan AI Basri, salah seorang tabiin terkemuka mengatakan salah satu penyebab hati manusia mati adalah karena mengetahui ajaran-ajaran agama dan Al-Quran tetapi tidak mengamalkannya.

Terakhir Hendri mengajak warga Sumbar membumikan membaca Al-quran ditengah kehidupan sehari-hari.

"Akhirnya marilah kita sama-sama berdoa kepada Allah SWT, mudah-mudahan penyelenggaraan MTQ Nasional ini berjalan dengan sukses dan lancar. Kami ucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu terselenggaranya musabaqah ini," tutupnya. (*)

Reporter : Milna Miana /  Editor : Milna Miana

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]