MTQ Nasional XXVIII, Hendri: Prestasi Bukan Tujuan Utama, Tapi Bagaimana Al-quran Bisa Selalu Diamalkan


Kamis, 22 Oktober 2020 - 20:23:33 WIB
MTQ Nasional XXVIII, Hendri: Prestasi Bukan Tujuan Utama, Tapi Bagaimana Al-quran Bisa Selalu Diamalkan Kakanwil Kemenag Sumbar, Hendri. Ist

HARIANHALUAN.COM - Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kakanwil Kemenag) Sumbar, Hendri mengungkapkan setelah 38 tahun berlalu sejak tahun 1983, akhrinya Provinsi Sumbar kembali dipercaya menjadi tuan rumah Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Nasional ke XXVIII.

Menurut Hendri, dalam kurun waktu tersebut tentu pelaksanaan MTQN sudah banyak mengalami perubahan. terutama penambahan cabang dan golongan, serta pemanfaatan Teknologi Informasi (TI) baik dalam proses pendaftaran maupun dalam sistem penilaian.

Hendri melanjutkan, dari berbagai perubahan dan perbaikan dalam penyelenggaraan MTQ di setiap tingkatan, yang selalu diharapkan dalam setiap event MTQ ini adalah adanya syiar dan pengamalan nilai-nilai Al-quran bagi masyarakat Indonesia, khususnya yang berada di Sumbar, sebagai tuan rumah MTQ Nasional kali ini.

"Dengan seringnya disenandungkan bacaan Al-quran, hafalan dan pemahaman Al-quran oleh para peserta, hendaknya dapat memotivasi dan meningkatkan keinginan kita untuk dapat membaca dan memahami Al-quran secara baik dan benar," ujar Hendri, Kamis (22/10/2020).

Hendri pun menyampaikan pihaknya uga tidak ingin event MTQ hanya menjadi kegiatan seremonial tahunan yang tidak membawa dampak positif bagi peserta, pelatih, hakim, official, masyarakat dan semuanya.

"Oleh karena itu prestasi dan prestise tidak mesti menjadi tujuan utama, tetapi bagaimana nilai-nilai Al-quran ini dapat kita amalkan dalam kehidupan kita sehari-hari," kata Hendri. (*)

Reporter : Milna Miana /  Editor : Milna Miana

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]