Menlu AS Mike Pompeo akan Hadiri Forum Pemuda Ansor Pekan Depan


Kamis, 22 Oktober 2020 - 21:45:19 WIB
Menlu AS Mike Pompeo akan Hadiri Forum Pemuda Ansor Pekan Depan Retno Marsudi

HARIANHALUAN.COM - Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi mengungkapkan bahwa Menlu Amerika Serikat Mike Pompeo akan mengunjungi Indonesia pada pekan depan. Menurut Retno, selain membahas kerja sama bilateral, Pompeo juga akan hadir dalam forum Pemuda Ansor.

"Selain bahas bilateral, Pompeo akan hadir dalam forum Pemuda Ansor melalui dialog agama dan peradaban," ucap Retno dalam press briefing virtual, Kamis (22/10).

Sebagai informasi, Pemuda Ansor adalah organisasi kepemudaan, kemasyarakatan, kebangsaan, dan keagamaan yang berwatak kerakyatan.

Gerakan Pemuda Ansor atau disingkat GP Ansor adalah badan otonom di bawah Nahdlatul Ulama (NU). Retno tidak mengungkapkan kapan waktu pastinya forum Pemuda Ansor itu digelar.  

Dalam kesempatan itu, Retno juga menyampaikan bahwa Negeri Paman Sam adalah mitra strategis bagi Indonesia.

"AS adalah mitra penting Indonesia. Indonesia ingin terus bangun kemitraan kokoh dengan AS dan berkomitmen dengan meningkatnya kemitraan dengan intensifnya saling kunjung pejabat kedua negara di masa pandemi ini," tuturnya.

Kedatangan Pompeo ke Indonesia dalam rangka tur Asia selama sepekan. Selain Indonesia, ia akan melakukan perjalanan ke India, Sri Lanka, dan Maladewa.

Lewat kunjungan itu ia akan menyampaikan kekhawatiran tentang China.

Saat ditanya spesifik mengenai kunjungan ke Indonesia, Pompeo menyatakan ia tahu orang Indonesia memiliki keinginan serupa dengan negara Asia Tenggara lainnya yakni Indo-Pasifik yang terbuka.

Negara-negara Asia Tenggara, kata dia, ingin memastikan "hak-hak dasar, hak maritim, hingga hak kedaulatan.

"Kemampuan mereka untuk melakukan tiap urusan dengan cara yang mereka inginkan di dalam negara mereka (yang) terus-menerus diancam oleh Partai Komunis China," ucap Pompeo dilansir dari AFP.

Pompeo diketahui telah mengobarkan perlawanan terhadap China dalam berbagai hal, mulai dari perdagangan, keamanan, hingga pandemi Covid-19.

Pada Juli lalu Amerika Serikat mencap klaim luas Beijing di Laut China Selatan sarat sengketa dan ilegal.

Dalam pernyataan pers yang diunggah Kementerian Pertahanan Amerika Serikat, Tur Asia Pompeo akan berlangsung dari 25 Oktober hingga 30 Oktober.

Pompeo dan Menteri Pertahanan Amerka Serikat Mark Esper akan mengunjungi New Delhi awal pekan depan untuk berdialog dengan rekan-rekan mereka dari India.

Hubungan India dengan China memburuk secara tajam tahun ini karena bentrokan perbatasan yang mematikan. Usai dari India, Pompeo akan berkunjung ke Sri Langka, Maladewa, dan yang terakhir Indonesia

"Saya yakin pertemuan saya juga akan mencakup diskusi tentang bagaimana negara-negara bebas dapat bekerja sama untuk menggagalkan ancaman yang ditimbulkan oleh Partai Komunis China," kata Pompeo.(*)

 Sumber : cnnindonesia /  Editor : Nova Anggraini

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]