Lima Pelaku Skimming Dibekuk Polresta Padang, Satu Pelaku Lain Asal Malaysia Masih Buron


Jumat, 23 Oktober 2020 - 14:57:54 WIB
Lima Pelaku Skimming Dibekuk Polresta Padang, Satu Pelaku Lain Asal Malaysia Masih Buron Pelaku skimming dibekuk jajaran Polsek Lubuk Begalung bersama tim Opsnal Polresta Padang.

HARIANHALUAN.COM - Lima anggota komplotan pelaku tindakan pencurian informasi kartu, baik debit maupun kredit dengan cara menyalin informasi yang terdapat pada strip magnetik kartu (skimming) dibekuk jajaran Polsek Lubuk Begalung bersama tim Opsnal Polresta Padang.

Terungkap, kelima pelaku merupakan Warga Negara Indonesia (WNI) tersebut dikendalikan oleh seseorang pelaku yang biasa dipanggil Mas asal Malaysia. Sementara masing-masing pelaku yang berhasil diringkus yakni Mangiring Laia (31), Satria Wibowo (27), Roland Reza Lubis (35), Sakban Daulay (34) dan Jamal Alamsyah Sagala (24).

"Kelima pelaku tersebut berperan sebagai eksekutor, merupakan WNI asal Sumatera Utara. Diduga, aksi tersebut dikendalikan oleh seseorang asal Malaysia yang kini masih buron," ujar Kapolresta Padang, AKBP Imran Amir kepada sejumlah awak media, Jumat (23/10/2020).

Untuk pengungkapan kasus tersebut, kata dia, pihaknya akan berkoordinasi dengan Mabes Polri untuk melacak keberadaan pelaku asal Malaysia yang kini masih buron. Selain itu, pihaknya juga akan kerja sama dengan manajemen BNI di Padang terkait data nasabah.

"Kami akan bekerja sama dengan pihak bank terkait, dan berkoordinasi dengan Mabes Polri untuk memburu seorang warga negara Malaysia itu," tandasnya.

Sementara itu diketahui, pengungkapan kasus tersebut berawal dari laporan masyarakat yang curiga dengan gerak-gerik kelima pelaku di salah satu mesin ATM BNI di Kota Padang. Kemudian, pihaknya menindaklanjuti laporan masyarakat tersebut. 

Perbuatan itu dengan modus operandi yang dilakukan oleh para pelaku adalah dengan melakukan pemetaan terhadap lokasi dan sasaran ATM yang bisa dijadikan sebagai tempat melakukan penyedotan data nasabah. Kemudian dalam melakukan aksinya, mereka para pelaku menggunakan semacam kamera pengintai berukuran kecil di dekat angka para nasabah memasukkan nomor pin.

Anggota Polsek Lubuk Begalung dibackup jajaran Satreskrim akhirnya bisa menangkap lima orang saat berkumpul di Hotel Syariah Red Doors. Selanjutnya, kelima pelaku tersebut ditahan di sel tahanan Polresta Padang. Sedangkan barang bukti yang disita diantaranya, enam kamera yang dilengkapi kartu memori yang diletakkan di atas nomor pin yang dipasangkan kamera sebanyak dua unit.(*)

Reporter : Buliza Rahmat /  Editor : Nova Anggraini

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]