Cuti Bersama hingga 9 November, Pengunjung yang Masuk Mentawai Wajib Swab Test


Jumat, 23 Oktober 2020 - 15:04:56 WIB
Cuti Bersama hingga 9 November, Pengunjung yang Masuk Mentawai Wajib Swab Test Juru Bicara Bidang Teknis Satgas Penanganan Covid-19 Mentawai Serielie BW, saat jumpa pers di aula Sekretariat Daerah Mentawai, Jumat (23/10).

HARIANHALUAN.COM - Mengantisipasi penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19) di Kepulauan Mentawai selama libur panjang pada akhir Oktober sampai awal November 2020, pemerintah setempat mengeluarkan aturan wajib swab RT-PCR bagi penumpang kapal Padang-Mentawai.

Ketentuan tersebut dituangkan dalam Surat Edaran (SE) Bupati Kepulauan Mentawai Nomor : 360/505/ Bup-2020 Tentang Antisipasi Penyebaran Covid-19 Bagi Pelaku Perjalanan ke Wilayah Kabupaten Kepulauan Mentawai pada Libur dan Cuti Bersama Tahun 2020.

"Ketentuan ini mulai diterapkan dari tanggal 28 Oktober sampai 9 November 2020 mendatang, jadi setiap penumpang kapal penyeberangan Padang - Mentawai diwajibkan melakukan Swab RT - PCR di Pelabuhan penyeberangan Padang," terang Juru Bicara Bidang Teknis Satgas Penanganan Covid-19 Mentawai Serielie BW, saat jumpa pers di aula Sekretariat Daerah Mentawai, Jumat (23/10).

Ia menyebutkan setiap pelaku perjalanan yang hendak ke Mentawai wajib melakukan swab test di pelabuhan di Padang, meskipun telah mengantongi surat keterangan hasil rapid test non-reaktif. Namun apabila telah mengantongi surat keterangan bebas Covid-19 berdasarkan swab test yang masih berlaku, maka swab test di pelabuhan tidak perlu dilakukan oleh yang bersangkutan.

"Kalau sudah ada hasil swab test negatif yang masih berlaku tidak perlu lagi rapid test atau swab test di pelabuhan di Padang pada saat keberangkatan ke Mentawai, namun setelah 4 hari sampai di Mentawai pelaku perjalanan ini wajib mengikuti swab test lagi, dikhawatirkan ada penularan dari atas kapal," paparnya.

Ia menuturkan bahwa pengambilan swab test terhadap pelaku perjalanan dari Padang ke Mentawai tersebut diberikan secara gratis saat keberangkatan kapal baik di Pelabuhan Muara Padang, Teluk Bayur dan Pelabuhan Bungus.

Ia menyebutkan selain pelayanan swab test di pelabuhan, kata Serielie BW, pengambilan swab test bisa dilakukan di Kantor Penghubung Kabupaten Kepulauan Mentawai Jalan Azizi Nomor 121 Andalas Padang yang dimulai pada 26 Oktober 2020 dan pelayanan dibuka 2 shift setiap hari pada jam 09:00 - 12:00 Wib dan 13:30-15:00 Wib. 

"Bagi yang ingin melakukan swab test di Padang kita sudah siapkan posko di Kantor Penghubung Kabupaten Kepulauan Mentawai di Azizi, kemudian untuk pengambilan swab test di pelabuhan bisa dilakukan 2 jam sebelum kapal berangkat," pungkasnya.(*)

Reporter : Redi /  Editor : Nova Anggraini

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]