Salido Saribulan Masuk Nominasi Program Kampung Iklim Tingkat Nasional


Jumat, 23 Oktober 2020 - 18:41:36 WIB
Salido Saribulan Masuk Nominasi Program Kampung Iklim Tingkat Nasional Masyarakat Kampung Salido Saribulan, Kecamatan IV Jurai Pesisir Selatan melaksanakan gontong-royong. 

HARIANHALUAN.COM - Program kampung iklim Salido Saribulan, Kecamatan IV Jurai Pesisir Selatan, masuk dalam dominasi tingkat nasional dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI. Hal ini dikatakan wali Nagari Salido Saribulan Pessel, Amrizal, Jumat ( 23/10).

Dikatakannya, sebelumnya Agustus 2020, nagari ini sudah  memulai persiapan kebersihan lingkungan, sesuai dengan katagori program kampung iklan, masyarakat merasa bangga dan lega  daerahnya berhasil untuk tingkat nasional dalam  katagori program kampung iklim.

"Nagari Salido Saribulan, Kecamatan IV Jurai Pessel, merupakan salah satu nagari dari 182 nagari di Pesisir Selatan,  masyarakat daerah ini memiliki budaya  mengutakan rasa kebersamaan membagun serta menciptakan lingkungan yang asri tertata rapi, dan menghindari dari kerusakan hutan," kata Amrizal

Budaya kebersamaan membangun tersebut, terbukti setiap ada kegiatan yang ada di nagari masyarakatnya mengutama budaya gontong-royong, menciptakan kebersihan, bahkan masyarakatnya  yang  mayoritas bergerak dalam bidang perkebunan, seperti,  buah kopi merupakan andalan perekonomian masyarakat, tak heran  lahan perkebunanan di daerah ini cukup luas menyebar di sepanjang daerah perbukitan.

"Sedangkan hasil produksi buah kopi milik masyarakat sangat diminati oleh konsumen, bahkan pemasarannya merambah ke berbagai daerah,dengan rasa kopi yang khas dan gurih, kondisi ini membuat buah koki  nagari tersebut  semakin dikenal oleh berbagai lapisan masyarakat," ulasnya 

Sedangkan dalam sektor  pertanian, nagasi Salido Saribulan merupakan nagari yang dilingkungan daerah perbukitan dengan hamparan ribuan hektar lahan persawahan, sebagai sumber kehidupan masyarakat. (*)

 

Reporter : M Joni /  Editor : Heldi Satria

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]