Tak Penuhi Standar Kesehatan, Doni Monardo: Jangan Ada Lagi Pasien Covid-19 Dirawat di Rumah


Jumat, 23 Oktober 2020 - 22:31:22 WIB
Tak Penuhi Standar Kesehatan, Doni Monardo: Jangan Ada Lagi Pasien Covid-19 Dirawat di Rumah Kepala Satgas Nasional Penanganan Covid-19, Letjen TNI Doni Munardo saat kegiatan Diskusi Publik dan Peliputan Media Ubah Laku bertajuk Stigmatisasi Pasien dan Tenaga Kesehatan, Bagaimana Mengatasinya melalui Zoom Meetings, Jumat (23/10/2020). Ist

HARIANHALUAN.COM – Kepala Satgas Nasional Penanganan Covid-19, Letjen TNI Doni Munardo meminta masyarakat tidak menstigmatisasi pasien dan tenaga kesehatan yang terpapar virus Corona karena bisa memperparah kondisi tubuh. Selain itu tidak dirawat di rumah.

“Jangan ada lagi pasien Covid 19 dirawat di rumah. Jangan menstigmatisasi pasien atau nakes yang terparah karena bisa mempengaruhi psikis dan proses penyembuhan pasien,” kata Letjen TNI Doni Monardo saat kegiatan Diskusi Publik dan Peliputan Media Ubah Laku bertajuk Stigmatisasi Pasien dan Tenaga Kesehatan, Bagaimana Mengatasinya melalui Zoom Meetings, Jumat (23/10/2020).

Oleh karena itu, Doni Monardo meminta seluruh pasien harus ditangani di tempat yang telah disediakan pemerintah. Baik itu di rumah sakit, fasilitas kesehatan atau hotel untuk isolasi mandiri.

“Presiden telah memerintahkan menteri kesehatan dan kami agar masyarakat yang positif Covid jangan lagi dilayani di rumah,” tegas  Doni Monardo.

Menurut Doni Monardo, saat di rumah pasien positif tidak memenuhi standar kesehatan, saat ini pemerintah telah memberikan kesempatan pada kepala daerah untuk mengatasinya. Hal ini dilakukan agar memudahkan perawatan. Serta tidak terjadinya penularan di dalam keluarga.

“Selain itu juga akan memudahkan dan pengawasan. Agar yang positif ini bisa lekas sembuh dan tidak menulari keluarga yang lain,” tegas Doni Monardo.

Mantan Danpaspampres ini mengingatkan, masyarakat agar mematuhi protokol kesehatan. Menurut Doni Monardo, gerakan 3M (Memakai Masker, Mencuci Tangan, Menjaga Jarak) wajib dilaksanakan. Terutama jika beraktivitas di luar rumah. Ingat keselamatan diri dan keluarga. (*)

Reporter : Milna Miana / Editor : Milna Miana

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]