Ridwan Kamil: Banyak Pabrik Menyesal Pindah dari Jabar


Sabtu, 24 Oktober 2020 - 09:41:23 WIB
Ridwan Kamil: Banyak Pabrik Menyesal Pindah dari Jabar Ridwan Kamil

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Gubernur Ridwan Kamil kembali menyorotpPerpindahan pabrik dari Jawa Barat (Jabar). Kali ini, pria yang akrab disapa Kang Emil, mengungkap bahwa sejumlah pabrik yang pindah ke provinsi lain, mengaku menyesal.

Pasalnya, produktivitas pekerja di provinsi lain tersebut lebih rendah dari Jawa Barat. Sehingga ia mengklaim, bila perusahaan atau pabrik yang telah pindah dari Jawa Barat gara-gara upah tinggi, justru kini menyesal.

"(Pabrik) yang sudah pindah ke provinsi lain menyesal juga. Upah boleh murah tapi produktivitas rendah," ujar Ridwan Kamil dalam diskusi Terobosan Kepala Daerah di Tengah Pandemi dan CNBC Indonesia Indonesia Award Best Regional Leaders, Jumat (23/10/2020).

Dia menjelaskan Jawa Barat merupakan salah satu provinsi terbaik dalam kegiatan investasi sektor riil. Pasalnya, infrastruktur Jawa Barat paling lengkap dan sumber daya manusia memiliki produktivitas yang tinggi.

Infrastruktur tersebut, akan ditambah dengan Pelabuhan Patimban yang rencana segera akan diresmikan oleh Presiden Joko Widodo dalam waktu dekat untuk tahap satu. Kang Emil berharap Pelabuhan Patimban bisa segera memulai ekspor pasca peresmian tersebut.

"Biaya di Indonesia dihitung mahal karena biaya dari pabrik ke Tanjung Priok lebih mahal daripada dari Tanjung Priok ke Shanghai," jelasnya.

Fenomena boyongan pabrik dari Jabar memang ramai diberitakan pada akhir 2019 lalu. Kala itu, catatan CNBC Indonesia mengungkapkan bahwa dalam 3 tahun terakhir, jumlah pabrik yang relokasi dari Jabar sudah mencapai 100 lebih pabrik. Kebanyakan di antaranya industri padat karya.

Pabrik yang direlokasi kebanyakan berlokasi di Purwakarta, Bogor, Karawang. Sebagai contoh, Kabupaten Karawang memiliki UMK 2020 sebesar Rp 4,59 juta dan menjadi yang tertinggi di Indonesia.

Pengusaha memilih Jawa Tengah sebagai lokasi pabrik mereka. Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo saat dikonfirmasi mengenai relokasi pabrik mengatakan pabrik yang relokasi ke Jawa Tengah sudah mencapai 140 pabrik termasuk dari Jawa Barat.(*)
 

 Sumber : CNBC Indonesia /  Editor : Rahma Nurjana

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]