dr Lula Kamal Harap Media Tak Menggiring Opini Negatif Terkait Nakes Terpapar Covid-19


Sabtu, 24 Oktober 2020 - 15:59:58 WIB
dr Lula Kamal Harap Media Tak Menggiring Opini Negatif Terkait Nakes Terpapar Covid-19 Praktiki Kesehatan, dr Lula Kamal.

HARIANHALUAN.COM - Praktisi Kesehatan, dr Lula Kamal menilai, selain stigmatisasi negatif terhadap tenaga kesehatan, para nakes juga perlu memahami protokol keehatan misalnya memperhatikan kebersihan baju hazmat sebelum digunakan. Selain itu, masyarakat harus memberi apresiasi bagi nakes karena telah mempertaruhkan nyawa guna menolong pasien yang terpapar.

“Saya harap, media tidak menggiring opini masyarakat menuju stigmatisasi negatif bagi nakes yang terpapar saat menjalankan tugasnya. Protokol kesehatan juga wajib ditaati seperti selalu menggunakan masker dan mencuci tangan dengan sabun,” kata Lula saat kegiatan Diskusi Publik dan Peliputan Media Ubah Laku bertajuk Stigmatisasi Pasien dan Tenaga Kesehatan, Bagaimana Mengatasinya melalui Zoom Meetings, kemarin.

Sementara itu, sampai Jumat (23/10 2020) jumlah pasien positif bertambah 4.369. Berdasarkan data pemerintah pusat, dari jumlah kasus tersebut, sebanyak 305.100 di antaranya telah sembuh. Bertambah 4.094.

Sedangkan pasien virus corona yang meninggal dunia juga bertambah, yakni 118 orang pada hari ini. Saat ini total telah ada 13.077 orang yang meninggal dunia usai terinfeksi virus corona di Indonesia.

Jumlah pasien suspek per 23 Oktober ada sebanyak 161.763 orang. Spesimen yang dites pada 23 Oktober sebanyak 42.287. Pemerintah sendiri masih terus mengingatkan kepada masyarakat untuk selalu mematuhi protokol kesehatan di mana pun berada. Misalnya dengan memakai masker, menjauhi keramaian, menjaga jarak, serta rajin mencuci tangan.

Dalam waktu dekat juga akan ada libur panjang di akhir Oktober. Berkenaan dengan hal itu, sejumlah pejabat di pemerintahan mengimbau agar masyarakat tidak berwisata ke luar kota terlebih dahulu. (*)

Reporter : Milna Miana /  Editor : Milna Miana

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]