Dari Rumah Gadang ke Kedai Kopi, Mulyadi Dialog dengan Masyarakat Sungaipua Agam


Sabtu, 24 Oktober 2020 - 16:10:30 WIB
Dari Rumah Gadang ke Kedai Kopi, Mulyadi Dialog dengan Masyarakat Sungaipua Agam Mulyadi Dialog dengan Masyarakat Sungaipua Agam

HARIANHALUAN.COM - Calon Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) nomor urut 1 Mulyadi menghabiskan waktu seharian untuk menyapa dan berdialog dengan masyarakat Sungaipua, Kabupaten Agam. Anggota DPR RI tiga periode tersebut mengunjungi beberapa titik yang bertempat di beberapa rumah gadang dan menutup kunjungannya di kedai kopi.

Mulyadi naik Rumah Gadang Talao di Nagari Padang Laweh, Kab. Agam bertemu dengan tokoh-tokoh dan masyarakat, Kamis (22/10/2020). Mulai dari niniak mamak, ali ulama, cadiak pandai, bundo kanduang semua datang untuk menunjukkan dukungan kepada figur di balik percepatan pembangunan Kelok 9 tersebut.

Mantan Wakil Ketua Komisi V itu mengucapkan terima kasih kepada masyarakat Padang Laweh yang terus memberikan dukungan maksimal kepada dirinya. Sejak awal menjadi Anggota DPR RI hingga saat ini, menjadi calon pada Pilgub Sumbar. 

Selanjutnya, Mulyadi juga menyapa masyarakat di Nagari Batu Palano, Sungaipua di Rumah Gadang suku Sipisang. Animo masyarakat tetap tinggi ingin bertemu gubernur yang diusung oleh Partai Demokrat dan PAN tersebut.

Maizar Dt. Panjang yang menjadi tuan rumah gadang merasa senang bisa kedatangan Mulyadi yang naik ke Rumah Gadang. Dia mendukung penuh Mulyadi karena telah banyak berbuat kepada masyarakat dengan program PPIP, bedah rumah, hingga lampu tenaga surya.

"Kami bersyukur dengan kedatangan Pak Mulyadi. Kami sendiri sebagai tuan rumah mendukung, apalagi telah masuk ke rumah. Dan masyarakat pun mendukung, terlihatkan banyak masyarakat yang datang," ucap Maizar Dt. Panjang.

Mulyadi menutup kunjungannya di Sungaipua dengan menyapa dan berdialog santai dengan masyarakat di kedai kopi di Sawah Liek, Nagari Batagak. Dengan udara dingin pegunungan, pria kelahiran Bukittinggi tersebut makan gorengan dan minum teh dan kopi hangat bersama tokoh dan masyarakat Batagak yang didominasi oleh pemuda-pemuda Batagak.

Pada kesempatan tersebut, Anggota DPR RI dengan suara terbanyak se-Sumbar itu juga menerima aspirasi petani sayur tentang ketidakstabilan harga yang membuat petani merasa kerugian yang signifikan. Seperti yang diungkapkan oleh Bambang Suarto (34), ketua kelompok tani di Nagari Batagak. Sambil minum teh hangat dan makan gorengan bersama Mulyadi, Bambang meminta Mulyadi memperjuangkan kepentingan petani.

"Kalau bisa Pak Mulyadi duduk jadi gubernur bisa diperhatikan harga jual sayur kami. Harga tidak stabil, bisa naik dan bisa turun. Kalau lagi naik bisa 15.000 rupiah/kilo, kalau jatuh bisa 1.500 rupiah," ujar Bambang.

"Di sinilah petani merasa merugi, harga ini lah yang sering dikeluhkan petani," imbuhnya.

Menjawab keinginan petani di Nagari Batagak, Mulyadi menilai perlu menyiapkan suatu badan penyangga untuk membantu petani. Menurut dia, petani hanya butuh kestabilan harga sehingga bisa merencanakan keuangan bagi para petani.

"Kalau berubah-rubah orang susah dalam perencanaan, petani itu butuh kepastian harga. Maka dari itu harus ada fungsi dari negara, petani harus dilindungi. Begitu juga harus ada dukungan berupa badan penyangga. Apabila saat itu harga turun, saat itu harus dibeli oleh negara. Dan negara bisa mengekspor ke negara lain. Itu lah fungsi negara harus membantu," jelas Mulyadi.

Di kedai kopi tersebut, Mulyadi juga memastikan dirinya akan menjadi gubernur bagi seluruh masyarakat Sumbar. Mengutamakan kepentingan masyarakat Sumbar di atas kepentingan kelompok dan golongan. Dan akan tetap turun ke masyarakat seperti yang telah dilakukan selama satu dekade menjadi Anggota DPR RI.

Terlihat masyarakat Batagak antusias dengan kedatagan Mulyadi. Selain berdialog, pemuda hingga tokoh masyarakat berfoto bersama dengan menunjukkan angka satu sebagai bentuk dukungan kepada Mulyadi. (*)

 Sumber : rilis /  Editor : Heldi Satria

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]