Jadi Tuan Rumah, PNP Gelar ICAST 2020 Secara Virtual


Sabtu, 24 Oktober 2020 - 16:45:26 WIB
Jadi Tuan Rumah, PNP Gelar ICAST 2020 Secara Virtual Suasana ICAST 2020 di PNP.

HARIANHALUAN.COM - International Conference of Applied Science and Technology (Konferensi Internasional Ilmu dan Teknologi) iCAST 2020 akhirnya digelar secara virtual akibat wabah Pandemi Covid -19, acara ini disiarkan langsung lewat aplikasi Webex Meeting.

Seminar bertajuk "Teknologi Hijau" atau Green Technology ini dilaksanakan di Ruang Pertemuan Lantai 2 Gedung C Politeknik Negeri Padang (PNP), Sabtu (24/10/2020).

Kepala Pusat Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Politeknik Negeri Padang, Yuhefizar mengatakan, pesertanya sekitar 290 orang. Berasal dari Politeknik seluruh Indonesia, dari perguruan tinggi lain, ada juga dari sejumlah negara terdiri dari Filipina, Malaysia, Australia, dan sebagainya.

"Kegiatan ini rutin diadakan setiap tahun. Karena tahun ini pandemi Covid-19 kita laksanakan secara virtual," kata Ketua Umum iCAST itu saat ditemui awak media disela-sela kegiatan tersebut.

Yuhefizar menjelaskan, pada tahun sebelumnya Politeknik Bali yang didapuk sebagai tuan rumah iCAST. Sementara tahun ini, ditetapkan Politeknik Negeri Padang. Seharusnya kegiatan ini digelar online, lantaran pandemi Covid-19 seluruh kegiatan dikemas secara offline.

"Kegiatannya berbentuk conference tujuannya digunakan untuk saling berbagi penelitian dari para peneliti, dosen, akademisi. Mereka akan saling sharing penelitian terbaru dan disampaikan diconference," papar Yuhefizar.

Lebih lanjut, Yuhefizar memaparkan, media conference sebenarnya untuk mendapatkan input atu masukan dari peserta atas penelitian yang sedang mereka lakukan.

Yuhefizar menuturkan, adapun tema yang diangkat adalah Teknologi Hijau atau Gree Technology. Alasan diangkat tema tersebut karena Teknologi Hijau merupakan salah satu yang menjadi perhatian pemerintah di tengah massa pandemi virus Covid-19 atau Corona.

"Artinya bagaimana kita bisa menggerakan kembali teknologi hijau di masa sekarang ini," sebutnya. (*)

Reporter : Milna Miana /  Editor : Milna Miana

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]