PNP Bakal Terbitkan Hasil Penelitian Peserta ICAST 2020 di Scopus


Sabtu, 24 Oktober 2020 - 19:39:52 WIB
PNP Bakal Terbitkan Hasil Penelitian Peserta ICAST 2020 di Scopus Suasana ICAST 2020 di PNP.

HARIANHALUAN.COM - Kepala Pusat Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Politeknik Negeri Padang, Yuhefizar mengatakan, hasil conference International Conference of Applied Science and Technology (Konferensi Internasional Ilmu dan Teknologi) iCAST 2020 akan dipublish di IEEExplore dan terindeks scopus.

"Jadi penelitian ini akan keluar di Lembaga Pengindeks Publikasi," kata Ketua Umum iCAST ini saat ditemui awak media disela-sela kegiatan di Ruang Pertemuan Lantai 2 Gedung C Politeknik Negeri Padang (PNP), Sabtu (24/10/2020).

Yuhefizar mendukung hal tersebut karena penelitian sejumlah dosen di Politeknik Negeri Padang sudah diarahkan kesana. Sebab merupakan kebutuhan di dunia saat ini. Sehingga harus mengadopsi konsep-konsep teknologi hijau, sejalan dengan tuntutan yang ada sekarang.

"Di teknik mesin juga sudah ada dipublikasikan di scupos. Menggunakan perangkat teknologi yang intinya bagaimana kita mengakomodir pengembangan dari teknologi hijau," sebut Yuhefizar.

Yuhefizar melanjutkan, ada 6 (enam) produk atau alat yang dihasilkan Teknik Mesin. Bahkan produk tersebut dihibahkan ke masyarakat. Seperti alat yang dipergunakan untuk mengolah sampah.

Adapun, yang dimaksud dengan teknologi hijau adalah teknik untuk menghasilkan energi dan/atau produk yang tidak mencemari lingkungan hidup.

"Jadi teknologi hijau ini dari alam dikembalikan lagi ke alam. Tidak ada polusi, jadi kita betul-betul memanfaatkan alam," jelas Yuhefizar.

Hal senada juga disampaikan Direktur PNP, Surfa Yondri. iCAST adalah agenda tahunan dari Konsorium P3M/UP2M Politeknik Negeri se-Indonesia. Pelaksanaan tahun ke-3 ini, Politeknik Negeri Padang ditunjuk sebagai tuan rumah Host). Sebelumnya, iCAST diselenggarakan di Manado (Politeknik Manado), menyusul Bali (Politeknik Bali).

Produk konsorsium Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat dari 43 politeknik negeri se-Indonesia ini di bawah Koordinasi Forum Direktur Politeknik Negeri se-Indonesia (FDPNI). Konperensi ini terdiri atas 2 kategori: Engineering Science (ES) yang luarannya dimuat di IEEExplore dan terindeks scopus, dan Social Science (SS) yang luarannya di Atlantis Press dan terindek Web of Science (WOS)

Surfa Yondri mengakui, penunjukan Politeknik Negeri Padang sebagai tuan rumah adalah suatu kebanggaan.

"Adalah sebuah kebanggan bagi kami diberi kepercayaan oleh ISAS dan FDPNI sebagai host ‘penyelenggara konperensi internasional ICAST ini. Agenda tahunan Konsorsium Lembaga Penelitian dan pengabdian kepada Masyarakat Politeknik Negeri se-Indonesia ini menjadi momentum bagi kami untuk memberikan yang terbaik dalam kegiatan konferen ini. Kebetulan tahun ini dilaksanakan secara virtual dengan host Politeknik Negeri Padang," ungkapnya. (*)

Reporter : Milna Miana / Editor : Milna Miana

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]