Dua Bahan yang Sangat Sering Dikonsumsi Sehari-hari Ini Bisa Picu Osteoporosis


Ahad, 25 Oktober 2020 - 07:46:42 WIB
Dua Bahan yang Sangat Sering Dikonsumsi Sehari-hari Ini Bisa Picu Osteoporosis Ilustrasi

HARIANHALUAN.COM - Ada beragam faktor yang dapat meningkatkan risiko osteoporosis atau pengeroposan tulang. Dua faktor yang mungkin jarang disadari adalah konsumsi kopi dan garam yang berlebih.

"Hindari konsumsi garam dan kafein berlebih," ungkap Head of Medical Consumer Health Bayer Indonesia dr Suci Sutinah dalam virtual media briefing Perempuan Indonesia Cegah Osteoporosis bersama CDR.

Terkait hubungannya dengan risiko osteoporosis, dr Suci mengatakan, konsumsi garam dan kafein berlebih dapat menghambat kerja sel pembangun tulang. Kondisi tersebut juga dapat memicu peningkatan risiko patah tulang.

"(Konsumsi) garam dan kafein berlebih mengurangi kalsium yang diserap dalam tubuh, menurut studi," ujar dr Suci.

Pakar Gizi Medik FKUI-RSCM Prof Dr dr Saptawati Bardosono MSc menjelaskan, kafein dan garam memiliki efek diuresis. Oleh karena itu, konsumsi kafein dan garam berlebih dapat meningkatkan pengeluaran urine.

"Yang kita khawatirkan, selain mengeluarkan air juga membawa mineral-mineral, sehingga mengganggu keseimbangan kalsium dalam tubuh," timpal Prof Saptawati.

Bila mengacu pada saran dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), batas maksimal konsumsi garam adadalah 6 gram per hari. Hal ini berkaitan dengan kandungan natrium di dalam garam, di mana batas maksimal konsumsi natrium adalah 2,3 gram per hari.

"(Konsumsi) garam lebih dari 6 gram per hari atau natrium lebih dari 2,3 gram per hari, itu yang dapat membuat lebih tingginya risiko osteoporosis," jelas Prof Saptawati.

Terkait kopi, yang menjadi perhatian adalah kandungan kafein di dalamnya. Prof Saptawati mengatakan, minum dua cangkir kopi per hari masih tergolong aman.

"Lebih dari itu, khawatir kehilangan kalsium akan lebih meningkat," tutur Prof Saptawati.

Terkait gaya hidup, dr Suci mengungkapkan ada beragam faktor lain yang perlu diperhatikan demi menjaga kesehatan tulang. Beberapa di antaranya adalah mencukupi kebutuhan asupan kalsium dan vitamin D.

Selain itu, dr Suci juga menyarankan penerapan pola makan seimbang gizi dengan protein yang memadai, aktif bergerak atau berolahraga seperti berjalan kaki dan latihan kekuatan. Yang tak kalah penting adalah menjaga berat badan sehat.

"Berat badan yang kurang adalah salah satu faktor risiko osteoporosis," ujar dr Suci.(*)

 Sumber : republika /  Editor : Nova Anggraini

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]