Sapa Masyarakat Tiumang, Sutan Riska Bertekad Tuntaskan Pengembangan Kawasan


Ahad, 25 Oktober 2020 - 11:04:48 WIB
Sapa Masyarakat Tiumang, Sutan Riska Bertekad Tuntaskan Pengembangan Kawasan Sutan Riska Tuanku Kerajaan bersama unsur tokoh masyarakat Kecamatan Tiumang, dalam lawatannya ke sejumlah nagari di kecamatan tersebut, Sabtu (25/10) malam.

HARIANHALUAN.COM - Bupati Petahana Kabupaten Dharmasraya, Sumatera Barat, Sutan Riska Tuanku Kerajaan, bertekad menuntaskan pengembangan Kecamatan Tiumang, Timpeh dan Sitiung, menjadi zona pengembangan konektivitas antar wilayah provinsi Sumatera Barat dan Riau, untuk meningkatkan taraf perekonomian masyarakat di daerah itu. 

Ketegasan itu ia sampaikan dalam lawatannya ke sejumlah nagari di Kecamatan Tiumang, Sabtu (25/10) malam. 

"Kawasan ini merupakan zona pengembangan ekonomi karena memiliki potensi perkebunan tanaman keras dan keberadaannya berada pada pintu gerbang perbatasan dengan provinsi Riau yang dikenal sebagai salah satu pusat perekonomian di pulau Sumatera," ungkapnya di hadapan sejumlah tokoh adat dan tokoh masyarakat serta kaum perempuan di daerah itu. 

Menurutnya, semua yang telah diupayakan pada masa pemerintahan periode pertama, adalah bagian dari upaya meletakkan pondasi dasar rencana pengembangan kawasan tersebut dan masih membutuhkan keberlanjutan sesuai ketersediaan anggaran yang ada. 

Karena, lanjutnya, disamping harus mempersiapkan program-program pembangunan dalam konteks pengembangan ekonomi kawasan, persoalan terbukanya akses jalan bagi seluruh wilayah-wilayah di Kabupaten Dharmasraya, juga menjadi prioritasnya selama ini. 

"Membangun ruang percepatan ekonomi itu penting dilakukan karena suka atau tidak suka efek globalisasi yang terjadi masif di seluruh dunia harus diantisipasi dengan kesiapan daerah dalam memainkan peranannya pada tingkat lebih luas, disisi lain upaya peningkatan bagi layanan publik juga tidak bisa ditinggalkan," ungkapnya. 

Untuk mengatasi hal tersebut, lanjutnya, membangun kualitas komunikasi dengan pihak pemerintah pusat dan daerah sekitar memiliki peranan penting karena bagaimana pun juga Kabupaten Dharmasraya tidak bisa berjalan sendiri karena adanya pembatasan wilayah administrasi pemerintahan dan kewenangan. 

Sementara untuk membuka akses yang luas bagi pertumbuhan masyarakat, lanjutnya, juga membutuhkan kerjasama seluruh pihak agar hasilnya maksimal dan terukur. 

"Salah satunya adalah dengan berupaya menyambungkan akses jalan ke ruas tol Trans Sumatera disamping meningkatkan kualitas jalan penghubung antar kecamatan dan nagari, yang nantinya akan mempermudah akses bagi masyarakat untuk membawa hasil panen dan jalur distribusi perdagangan dari daerah setempat dengan biaya murah dan berpeluang mendapatkan harga yang lebih bersaing," tegasnya. 

Sementara itu, salah seorang tokoh muda asal Kecamatan Tiumang, Rijal Imami ST, mengatakan apa yang sudah dilaksanakan oleh pemerintah Kabupaten Dharmasraya dibawah kepemimpinan Sutan Riska Tuanku Kerajaan, diakui sudah memberikan manfaat bagi sendi-sendi kehidupan masyarakat. 

"Mampu mewujudkan pembangunan besar dengan nilai dana mencapai ratusan miliar menggunakan dana-dana dari pemerintah pusat adalah salah satunya, dan semua itu mungkin tidak mampu dilakukan oleh bupati-bupati lainnya di Sumatera Barat," ungkapnya. 

Deretan prestasi dan kemampuan untuk "menaklukkan" para pengambil kebijakan dari berbagai pihak untuk ikut mendanai sejumlah program pembangunan dan peningkatan layanan publik di daerah itu, cukup menjadi alasan untuk kembali mempercayakan jabatan Bupati Dharmasraya kepada Sutan Riska Tuanku Kerajaan. 

"Akan sangat rugi lah kita selaku masyarakat Dharmasraya tidak memilih putra terbaik yang pernah dimiliki Dharmasraya ini untuk melanjutkan pembangunan di kabupaten yang sama-sama kita cintai dan kita perjuangkan untuk berdiri sejajar dengan daerah lainnya," tegas dia.(*)

Reporter : Rully Firmansyah /  Editor : Nova Anggraini

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]