PNP Dorong Penelitian Dosen Bisa Mencapai TKT 8 dan 9


Ahad, 25 Oktober 2020 - 12:25:39 WIB
PNP Dorong Penelitian Dosen Bisa Mencapai TKT 8 dan 9 Kepala Pusat Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Politeknik Negeri Padang, Yuhefizar. Ist

HARIANHALUAN.COM - Seluruh Politeknik di Indonesia diminta agar penelitian teknologi yang dihasilkan dari para dosen sudah menjadi produk massal. Dari Politeknik Negeri Padang (PNP) disebut dengan Tingkat Kesiapan Teknologi (TKT). Ketika masuk ke ranah masyarakat ada level TKT 8 dan 9.

Hal itu disampaikan Kepala Pusat Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Politeknik Negeri Padang, Yuhefizar saat ditemui awak media disela-sela kegiatan iCAST 2020, kemarin.

"Yang dimaksud TKT 8 itu produk yang sudah siap dipublish. Sedangkan TKT 9 produk sudah layak diproduksi massal. Karena politeknik diidentik dengan produk," sebut Yuhefizar.

Dengan demikian, harapannya setiap penelitian dosen di Politeknik sudah mengarahkan ke TKT 8 dan 9. Artinya siap untuk diproduksi massal.

"Kalau kita (PNP) baru level TKT 7 dan 8, masih dalam tahap uji labor atau masih dalam tahapan pengembangan. Di TKT 7 itu kita sudah mulai hibah massal, artinya produk tersebut sudah layak dihibahkan," sebut Yuhefizar.

Yuhefizar membeberkan masih belum sampai ke level TKT selanjutnya karena ada kendala terkait ketersediaan pihak ketiga yang memproduksi massal. Dengan begitu, Politeknik berupaya merangkul pihak ketiga untuk bisa bekerjasama dan membantu memproduksi massal karena hal ini butuh proses panjang.

"Kalau politeknik sendiri tidak boleh memproduksi massal, jadi harus ada kerjasama dari pihak ketiga. Ini yang perlu kita upayakan lagi kedepannya," ucap Yuhefizar.

Lebih lanjut, kata Yuhefizar, bahwa Direktur Politeknik Negeri Padang Surfa Yondri mewanti-wanti supaya hasil penelitian dosen Politeknik sudah mengarah ke TKT 8 dan 9. Karena akan berbicara hak paten, sehingga diusahakan banyak produk-produk dosen punya hak cipta dan paten.

"Jadi kedepan kita fokuskan penelitian dosen sudah punya hak paten dan hak cipta. Kalau di politeknik sudah punya enam hak paten, kalau hak cipta sudah banyak bahkan lebih 50-an," tukasnya. (*)

Reporter : Milna Miana /  Editor : Milna Miana

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]