Datuk Nan Batujuah Kecamatan Timpeh Dharmasraya Ikrar Kukuhkan Sutan Riska Dua Periode


Ahad, 25 Oktober 2020 - 16:50:24 WIB
Datuk Nan Batujuah Kecamatan Timpeh Dharmasraya Ikrar Kukuhkan Sutan Riska Dua Periode Rombongan Masyarakat Adat Kaum Datuk Nan Batujuh Kecamatan Timpeh, saat foto bersama dengan Bupati Petahana Kabupaten Dharmasraya, Sutan Riska Tuanku Kerajaan, usai bertemu ramah guna berdiskusi membahas program pembangunan Dharmasraya kedepan.

DHARMASRAYA, HARIANHALUAN.COM - Sejumlah tokoh adat dan tokoh masyarakat kaum Datuk Nan Batujuah di Kecamatan Timpeh Kabupaten Dharmasraya, Sumatera Barat, memantapkan dukungan dan berikrar untuk kembali mengantar Sutan Riska Tuanku Kerajaan memimpin daerah itu, pada Pilkada Serentak 2020.

Perwakilan unsur ninik mamak tersebut, Aleksander Datuk Mangkuto, mengatakan kebulatan tekad tersebut sudah mulai digelorakan oleh anak cucu kemenakan masyarakat adat itu dan disampaikan langsung ke Sutan Riska Tuanku Kerajaan, dalam kegiatan temu ramah, Minggu (25/10). 

"Tidak ada lagi alasan untuk tidak memenangkan Sutan Riska, segala kerja kerasnya selama ini dalam membangun Dharmasraya khususnya Kecamatan Timpeh, saat ini sudah dinikmati oleh kaum kami, " tegasnya. 

Menurutnya, sejak daerah itu masih tergabung dalam wilayah administrasi Kabupaten Sijunjung hingga bergabung menjadi bagian dari Kabupaten Dharmasraya, baru sejak kepemimpinan Sutan Riska pada periode pertamanya sebagai bupati lah masyarakat Timpeh bebas dari keterkungkungan akibat terbatasnya akses dari dan menuju daerah itu. 

"Belum selesai kegembiraan kami karena sudah tersambung akses jalan menuju ibukota kabupaten di Pulau Punjung melalui ruas jalan Bukik Lantak, kami diberikan kabar gembira lainnya berupa program pengembangan kawasan ekonomi dengan menyambung akses jalan utama menuju ruas jalan tol Trans Sumatera yang juga akan melewati wilayah kami, " ungkapnya. 

Dengan rencana tersebut, lanjutnya, pihaknya beserta segenap kaum adat dan tokoh masyarakat menyambut baik dan menyatakan tekad untuk berjuang bersama Sutan Riska Tuanku Kerajaan, untuk kembali memenangkan kontestasi pemilihan kepala daerah kali ini. 

Pihaknya meyakini, jika terpilih kembali maka segala program yang sudah dirancang dan landasannya sudah dimulai sejak masa kepemimpinan Sutan Riska pada periode pertama, akan mudah diwujudkan karena hanya tinggal melanjutkan bengkalai yang tertinggal. 

"Kita bicara siapa yang paling tepat untuk memimpin saat ini sesuai kebutuhan dan tantangan yang ada dalam konteks kepentingan dan kemajuan masyarakat umum, maka selaku ninik mamak kami nyatakan dukungan dan menjatuhkan pilihan kepada Sutan Riska Tuanku Kerajaan kembali menjadi Bupati Dharmasraya untuk periode 2020-2024, " tutupnya. 

Sebelumnya, Masyarakat Kenagarian Tabek Kecamatan Timpeh, Kabupaten Dharmasraya, menginginkan geliat pembangunan daerah itu selama kepemimpinan Sutan Riska Tuanku Kerajaan, bisa dilanjutkan kembali pada periode berikutnya. 

Ketegasan tersebut salah satunya disampaikan oleh salah seorang tokoh masyarakat jorong Tabek Jaya Hermansyah, di Dharmasraya, Rabu (07/10) malam. 

"Pada saat Sutan Riska berhasil memenangkan pertarungan pada 2014 lalu dengan predikat bupati termuda, mungkin ada pihak yang meragukan kemampuannya memimpin Dharmasraya, namun selama empat tahun belakangan sangat terasa proses pembangunan begitu menggeliat, " ungkapnya. 

Seakan, lanjutnya, capaian kinerja yang diperlihatkan selama kepemimpinan Sutan Riska, telah mampu menjadi tonggak keteladanan tentang ketulusan pemimpin dalam menyejahterakan masyarakatnya. 

Bisa dikatakan, tambahnya, Dharmasraya sudah memiliki kebanggaan akan sosok pemimpin asal daerah itu di tingkat Sumatera Barat bahkan nasional. (*)

Reporter : Rully Firmansyah / Editor : Rahma Nurjana

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]