Pemimpin Teladan, Ali Mukhni Penuh Perhatian Dengarkan Aspirasi Niniak Mamak se-Palembayan


Ahad, 25 Oktober 2020 - 20:15:20 WIB
Pemimpin Teladan, Ali Mukhni Penuh Perhatian Dengarkan Aspirasi Niniak Mamak se-Palembayan Pemimpin Teladan, Ali Mukhni Penuh Perhatian Dengarkan Aspirasi Niniak Mamak se-Palembayan

HARIANHALUAN.COM - Mendapat banyak Aspirasi dari Niniak Mamak se Palembayan, Ali Mukhni calon Wakil Gubernur Sumatera Barat menunjukkan sikap kepemimpinannya. Ali yang dikenal sebagai sosok yang sederhana dan merakyat ini curahkan perhatian penuhnya untuk dengarkan aspirasi para Niniak Mamak.

Para pemangku ada itu mengatakan, Ali Mukhni sebagai sosok yang mau menerima pendapat dan aspirasi dari mereka. Diwakili oleh Nazarudin Datuak Najo Basah (73) mengatakan, ia bersama para Niniak Mamak hadir dalam kesempatan silaturahmi itu untuk sampaikan aspirasinya.

“Para pemangku adat perlu diberi ruang dalam kebijakan pemerintah terkait pembangunan Sumbar. Kami melihat, pasangan ini (MUALIM-red) sangat demokratis karena mau menerima banyak pendapat,” ujar Nazar, Sabtu (24/10/2020).

Bagi Nazar, keteladan yang ditunjukkan Ali Muhkni menarik hati para Niniak Mamak untuk memenangkan MUALIM pada 9 Desember mendatang. Ia menilai, jika pasangan ini terpilih tentu akan terjadi perubahan yang lebih baik bagi Sumbar, terutama untuk warga Jorong Gumarang, Nagari Tigo Koto Silungkang, Palembayan, Agam, Sumbar. 

Baginya, jika Ali terpilih kelak banyak aspirasi yang akan mereka sampaikan padanya. Salah satu diantaranya terkait penguatan lembaga adat, LKAAM (Lembaga Kerapatan Adat Alam Minangkabau), yang selama itu kurang mendapat tempat.

“Kondisi pemangku adat saat ini sangat mempihatinkan. Kedepannya, kami sangat senang bila nanti MUALIM melibatkan kami dalam pembangunan Sumbar,” pungkas Nazar.

Ali Mukhni yang mendengar aspirasi tersebut mengatakan, dibawah komando Ir. Mulyadi mereka akan memaksimalkan peran dan fungsi Tigo Tungku Sejarangan. Serta akan memberikan insentif lewat APBD Sumbar bagi para Niniak Mamak.

Bupati Padang Pariaman untuk dua periode itu juga menanggapi aspirasi yang sama dengan mengatakan, pembangunan Sumbar tidak akan berhasil bila mengabaikan Tigo Tungku Sejarangan. Baginya para Tigo Tungku Sajarangan akan menjadi bagian penting dalam percepatan pembangunan Sumbar. (*)

 Sumber : rilis /  Editor : Heldi Satria

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]