UMMY Solok Bersiap Berubah Status Jadi Perguruan Tinggi Negeri


Senin, 26 Oktober 2020 - 17:11:04 WIB
UMMY Solok Bersiap Berubah Status Jadi Perguruan Tinggi Negeri Ketua Yayasan UMMY Solok Suryadi Azmi( tengah) sedang memberi penjelasan tentang UMMY Solok menuju PTN.

HARIANHALUAN.COM - Universitas Mahaputra Muhammad Yamin (UMMY) Solok dipersiapkan menjadi Universitas Negeri menyusul adanya regulasi dari Kementerian Pendidikan Nasional nomor 07 tahun 2020.

Kemungkinan UMMY Solok yang bernaung dibawah Yayasan Profesor Muhammad Yamin Sarjana Hukum itu menuju Perguruan Tinggi Negeri dipaparkaan Ketua Yayasan UMMY Solok Suryadi Azmi, ketua Dewan Pimpinan Pusat Persatuan Keluarga Kabupayen Solok (PKKS) Lukman dan Rektor UMMY Solok Syahro Ali Akbar dihadapan wartawan Senin sore( 26/ 10) di kampus UMMY Solok.

Dalam Peraturan Kementerian pendidikan itu disebutkan tentang diperbolehkan merubah status dari PTS ke PTN dari PTN ke PTS maupun membuka PTS atau PTN. Para perantau Kabupaten Solok di Jakarta merespon peraturan kementerian itu karena di Kabupaten Solok ada UMMY yang memiliki potensi besar untuk dikembangkan menjadi Perguruan Tinggi Negeri(PTN), ujar Lukman.

Diakui Lukman, persyaratan untuk menjadikan PTS ke PTN harus memiliki lahan minimal 30 hektare, Dosen sudah banyak S3, akreditasi B. Untuk memenuhi itu UMMY sudah siap karena mendapat dukungan dari Bupati Solok Gusmal. "Pak Gusmal sudah menjanjikan lahan 30 hektare saat ini sedang proses pembuatan sertifikat, "katanya.

Agar UMMY Solok lebih dikenal secara mendalam oleh berbagai pihak, juga sudah dilaksanakan seminar, ada 2 kali seminar secara webinar menampilkan nara sumber dari mantank Wakil Menteri Pendidokan Nasional, perantau Solok di Jakarta, Bupati/ Walikota Solok, pengurus yayasan dan dewan pembina yayasan.

Kami dari yayasan, jajaran rektor memang menyambut baik adanya rencana UMMY Solok menjadi perguruan tinggi negeri. Karena dengan lahirnya perguruan tinggi negeri di Kabupaten Solok danpaknya sangat besar terhadap masyarakat, papar Suryadi Azmi.

Salah satu danpak naiknya pendapatan masyarakat sekitar karena nanti akan bermunculan rumah-rumah  kos, warung makanan dan minuman serta transportasi. Selain itu pangsa pasar juga sangat besar karena masyarakat dari berbagai daerah menyekolahkan putra/i nya ke UMMY.

Menyangkut tenaga dosen maupun yayasan juga tidak ada persoalan, dosen yang ada di UMMY terpakai semuanya karena nanti ada 2 jenis dosen, yakni dosen negeri dan dosen UMMY malahan gaji sama. Bedanya dimana dosen UMMY tidak menerima pensiun kecuali pesangon sedangkan dosen negeri diangkat pemerintah ada pensiunnya, tambah Suryadi Azmi.

Jumlah tenaga dosen di UMMY Solok saat ini 75 orang, 80 parsen berpendidikan S3, sementara rengking UMMY ditingkat nasional berada pada posisi 328 dari 2000 an PTS di Indonesia, tambah Rektor UMMY Syahro Ali Akbar. Rencananya, awal tahun 2021 permohonan UMMY Solok menjadi PTN sudah dimasukan ke Kementerian Pendidikan Nasional. (*)

Reporter : Alfian /  Editor : Rahma Nurjana

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]