Berjiwa Demokratis, Ali Mukhni Simak dan Tampung Keluhan Para Niniak  Mamak se-Pelembayan


Senin, 26 Oktober 2020 - 18:24:19 WIB
Berjiwa Demokratis, Ali Mukhni Simak dan Tampung Keluhan Para Niniak  Mamak se-Pelembayan Ali Mukhni

HARIANHALUAN.COM - Calon Wakil Gubernur Sumbar nomer urut 1, Ali Mukhni disebut-sebut sebagai pemimpin yang demokratis oleh Niniak Mamak se Pelembayan. Dalam banyak kesempatan Ia sering kali memberikan waktu bagi audiensnya untuk menyampaikan pendapat.

Ali pun sering kali menjadi tempat para Niniak Mamak menyampaikan keluhannya. Saat mengunjungi Jorong Gumarang, Nagari Tigo Koto Silungkang, Palembayan, Agam, Sumbar, banyak Niniak Mamak menyampaikan keluhannya terkait infrastruktur yang belum layak di Palembayan.

“Kami disini datang untuk menyampaikan keluhan terkait jalan raya yang ada di Palembayan ini. Jalan yang ada Nagari Tigo Koto Silungkang saat ini masih sempit,” ujar Nurmatian Datuak Maruhun Batuah (65), Niniak Mamak Tujuh Baleh Tuanku Nan Barampe.

Nurmatin bahkan mengatakan, jalanan  di Palembayan masih banyak yang mesti diperbaiki. Sebab, masyarakat sangat membutuhkan jalan sebagai sarana memasarkan produk mereka. 

Selain jalan ada pula balai pertemuan yang dikeluhkan olehnya. Ia menilai, keterbatasan dana menyebabkan masyarakat tidak bisa membangun balai pertemuan khusus atau rumah gadang bagi Niniak Mamak. Sebab itu, Nurmatin mendukung pasangan MUALIM dengan harapan akan ada pelabaran jalan dan pembangunan fasilitas lainnya. 

Bertempat di Jorong Gumarang, Nagari Tigo Koto Silungkang, Palembayan, Agam, Sumatera Barat, Sabtu (24/10/2020), Ali yang mendengar keluhan itu dengan seksama menimpali dengan program Sumbar Akses. Program tersebut ditujukan untuk membangun jalan dan revitalisasi infratruktur yang ada di setiap Nagari di Sumatera Barat. 

Program  ini akan pempercepat pembangunan di Sumatera Barat, sebab langsung menyasar pada kebutuhan setiap Nagari. Sehingga pembangun infrastruktur menjadi lebih tepat sasaran.

“Kita tampung semua keluhan yang datang dari Niniak Mamak ini. Sehingga, nantinya bila Allah memberi kesempatan untuk memimpin Sumbar, solusi dari Sumbar Akses bisa kita realisasikan,” ujar pria yang dua periode terpilih sebagi Bupati Padang Pariaman itu. (*)

Editor : Heldi Satria

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]