Ini Capres Terkuat 2024 Versi Survei, Prabowo dan Anies Lewat


Senin, 26 Oktober 2020 - 19:09:16 WIB
Ini Capres Terkuat 2024 Versi Survei, Prabowo dan Anies Lewat Ganjar Pranowo

HARIANHALUAN.COM - Lembaga Indikator merilis temuan survei nasional bertajuk: Politik, Demokrasi, dan Pilkada di Era Pandemi Covid-19 pada Minggu (25/10/2020). Salah satu temuan menarik dalam survei itu berkaitan dengan pilihan responden terhadap calon presiden dalam pemilihan presiden 2024.

Berdasarkan data Indikator, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menempati posisi teratas dengan perolehan suara 18,7%. Disusul kemudian Menteri Pertahanan yang juga Ketua Umum Partai Gerakan Indonesia Raya Prabowo Subianto 16,8%, dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan 14,4%.
Melengkapi posisi lima besar adalah Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra Sandiaga Salahuddin Uno 8,8% dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil 7,6%.

Direktur Eksekutif Indikator Burhanuddin Muhtadi mengatakan, Ganjar yang juga politikus PDIP, selalu menduduki posisi pertama dalam tiga survei terakhir yang dilakukan Indikator.

"Kemudian disusul Pak Prabowo dan Anies Baswedan di tingkat ketiga ini juga stagnan posisinya," kata Burhanuddin.

Politikus Senior PDIP Eva Sundari menilai masih terlalu dini untuk membicarakan pilpres. PDIP belum bergerak sama sekali lantaran masih fokus kepada persiapan memenangkan pilkada serentak 2020.

"Jadi ini menurutku faktor yang signifikan karena ya mereka yang bekerja dengan baik untuk mengendalikan Covid-19 itu yang kemudian dipersepsi masyarakat yang paling pantes untuk menjadi capres jadi faktor utamanya ada di situ," kata Eva seperti dikutip detik.com, Senin (26/10/2020).

Sebagai catatan, survei itu dilakukan pada 24-30 September 2020. Responden sebanyak 1.200 orang dipilih secara acak. Metode survei dilakukan dengan wawancara via telepon dengan margin of error sekitar 2,9% dan tingkat kepercayaan 95%. Seluruh responden terdistribusi secara acak dan proporsional.(*)

 Sumber : CNBCindonesia /  Editor : Nova Anggraini

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]