Bantu Warga yang Berobat ke Padang, Baznas Dharmasraya Siapkan Rumah Singgah di Sawahan


Senin, 26 Oktober 2020 - 21:21:27 WIB
Bantu Warga yang Berobat ke Padang, Baznas Dharmasraya Siapkan Rumah Singgah di Sawahan Rumah singgah milik Baznas Kabupaten Dharmasraya yang beralamat di Jalan Sawahan no.37, Kota Padang.

HARIANHALUAN.COM - Sebagai bentuk peningkatan mutu layanan bagi masyarakat penerima bantuan, Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Dharmasraya, Sumatera Barat, mempersiapkan fasilitas rumah singgah bagi masyarakat yang menjadi pasien yang membutuhkan, selama menjalani pengobatan di Kota Padang. 

"Rumah singgah tersebut beralamat di Jalan Sawahan no.37, atau lebih kurang 500 meter dari RSUP M.Djamil Padang, persisnya di depan RSJ.Puti Bungsu Padang Timur," ungkap Ketua Baznas setempat, H. A.Gani, SH.MM, di Dharmasraya, Senin (26/10). 

Ia menjelaskan, untuk bisa menginap di rumah singgah itu ada beberapa persyaratan yang mesti dipenuhi oleh calon penghuni, antara lain yang bersangkutan harus tercatat sebagai warga Dharmasraya yang dibuktikan dengan Kartu Tanda Penduduk Elektronik.

Kemudian, lanjutnya, masyarakat tersebut juga harus melampirkan surat keterangan tidak mampu dari wali nagari dan ada keterangan dari pihak rumah sakit yang menyatakan bahwa pasien tersebut memang sedang menjalani perawatan, kontrol ulang atau sebagai pendamping keluarga yang sedang dirawat di rumah sakit di Kota Padang.

"Untuk kategori tersebut di atas akan dilayani secara gratis, dan jika yang bersangkutan berasal dari keluarga mampu maka akan dikenakan biaya administrasi pengganti operasional," jelasnya. 

Disinggung tentang fasilitas yang tersedia, ia menjelaskan rumah singgah itu telah dilengkapi dengan fasilitas listrik yang memadai, air bersih, peralatan memasak dan di setiap kamar yang terdiri dari 4 kamar tidur sudah disediakan kasur dan bantal.

Ia berharap layanan yang disediakan itu bisa sedikit meringankan beban ekonomi dan beban mental masyarakat Dharmasraya yang kebetulan salah seorang anggota keluarganya sedang ditimpa sakit.

"Insya Allah pada 01 November 2020 rumah tersebut telah bisa ditempati, dengan telah dimulainya pengoperasian rumah singgah tersebut, diharapkan setiap individu aparatur pemerintah daerah dan orang-orang dengan kategori ekonomi mampu dapat lebih tergugah lagi hatinya untuk meningkatkan pembayaran zakat mereka melalui Baznas," tutupnya. 

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo pada sebuah kesempatan mengatakan membayar zakat adalah kewajiban bagi setiap umat muslim.

"Berzakat merupakan kewajiban bagi setiap umat muslim untuk berbagi rezeki, berbagi kebahagiaan dengan saudara-saudara kita, utamanya para mustahik," ujar Jokowi melaui video conference di Istana Merdeka, Selasa (12/5/2020). (*)

Reporter : Rully Firmansyah /  Editor : Nova Anggraini

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]