Bawaslu Pessel Gelar Sosialisasi Pengembangan Pengawasan Partisipatif Masyarakat


Selasa, 27 Oktober 2020 - 10:26:44 WIB
Bawaslu Pessel Gelar Sosialisasi Pengembangan Pengawasan Partisipatif Masyarakat Bawaslu Kabupaten Pessel saat melakukan sosialisasi Pengembangan Pengawasan Partisipatif Masyarakat

HARIANHALUAN.COM - Bawaslu Kabupaten Pesisir Selatan melaksanakan Sosialisasi Pengembangan Pengawasan Partisipatif Keterlibatan Masyarakat Dalam Pengawasan Pilkada 2020 di Hotel Hannah Syariah Painan. Kegiatan itu dibuka Ketua Bawaslu Kabupaten Pesisir Selatan, Erman Wadison dengan peserta terdiri dari mahasiswa, siswa serta media di Kabupaten Pesisir Selatan.

Pada kesempatan itu Erman Wadison mengajak mahasiswa dan siswa untuk berperan aktif mengawasi proses Pilkada 2020. Kata dia Generasi Milenial merupakan agen of change dan social control untuk masyarakat serta pemerintahan khususnya di Kabupaten Pesisir Selatan. "Nantinya bisa melaporkan jika terjadi pelanggaran dalam Pilkada," ucapnya dikutip dari website resmi Pemkab Pessel, Selasa (27/10).

Menurutnya, Bawaslu Kabupaten Pesisir Selatan berkomitmen mengembangkan pengawasan partisipatif masyarakat dalam pengawasan Pilkada serentak tahun 2020. Ia menjelaskan, pengawasan partisipatif masyarakat itu adalah masyarakat ikut berperan dalam pengawasan Pilkada. Jika masyarakat menemukan pelanggaran Pilkada, maka bisa langsung melaporkannya kepada Bawaslu.

Disebutkan, Bawaslu akan menindaklanjuti setiap laporan yang masuk terkait dengan pelanggaran Pilkada. Lalu, dilakukan kajian mendalam dengan setiap laporan tersebut harus diperkuat dengan bukti dan fakta. Setelah dilakukan kajian secara mendalam, maka Bawaslu memutuskan perkara pelanggaran Pilkada tersebut sesuai ketentuan peraturan yang berlaku.

Ia mengimbau masyarakat untuk turut aktif mengawasi pelaksanaan Pilkada 2020 agar dapat berjalan sesuai regulasi yang ada. Kemudian diimbau pula kepada penyelenggara, peserta Pilkada dan pihak terkait lainnya agar mematuhi semua aturan, dan hindari pelanggaran.
"Kita menginginkan penyelenggara, peserta Pilkada dan pihak terkait lainnya agar mentaati aturan yang ada. Selanjutnya, kita juga mengingatkan ASN supaya menjaga netralitasnya dalam Pilkada," katanya.

Dikatakan, pihak Bawaslu juga melakukan pencegahan agar tidak terjadi pelanggaran dengan melakukan sosialisasi kepada berbagai unsur yang ada di daerah ini. Pencegahan dilakukan  agar tidak terjadi pelanggaran Pilkada. "Itu juga menjadi tugas Bawaslu beserta jajaran. Kita terus mengimbau semua pihak agar tidak melanggar aturan Pilkada 2020," ingatnya. (*)

 

Reporter : Merinda Faradianti /  Sumber : berita.pesisirselatankab.go.id /  Editor : Heldi Satria

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]