Sektor Pertanian dan Peternakan Jadi Pilihan di Masa Pandemi Covid-19


Selasa, 27 Oktober 2020 - 11:04:24 WIB
Sektor Pertanian dan Peternakan Jadi Pilihan di Masa Pandemi Covid-19 Riki Ekoni di kawasan lahan pertanian yang disiapkan untuk hijauan. 

HARIANHALUAN.COM – Sektor pertanian dan peternakan menjadi pilihan sebagian masyarakat dalam menghadapi kondisi pandemi Covid-19 yang tengah melanda saat ini.

Selain kebutuhan akan hasil pertanian dan peternakan masih cukup tinggi, kedua sektor ini masih bisa terus dikembangkan masyarakat di masa-masa sulit.

“Pertanian dan peternakan pilihan yang sangat baik untuk dikembangkan. Setidaknya untuk memenuhi kebutuhan keluarga sehari-hari,” ungkap Riki Ekoni (39), warga Santur Kecamatan Barangin, Kota Sawahlunto, Selasa (27/10).

Riki mengungkapkan, saat ini bersama beberapa pemuda di desanya, tengah membudidayakan kambing, jengkol, dan komoditas pertanian muda.

Pria yang cukup lama mendalami dunia kontraktor jasa dan kontruksi itu, memilih terjun ke pertanian dan peternakan sejak pandemi Covid-19 melanda dunia.

“Kita tidak bisa berbuat banyak, pandemi ini tidak tahu kapan akan berakhirnya. Sementara kebutuhan tetap terus harus dipenuhi,” terang Riki Ekoni.

Saat ini, Riki terus mendorong beberapa pemuda untuk turun ke ladang dan kebun memanfaatkan lahan tidur untuk diolah menjadi lahan produktif.

Setidaknya ada tiga kawasan yang kini dipersiapkan menjadi areal pakan hijau ternak. Mulai dari Kelurahan Saringan 1,5 hektar, Desa Santur 1,3 hektar, dan Desa Rantih seluas 0,8 hektare.

Untuk bibit rumput pakan sendiri, Riki memberikan secara gratis bagi pemuda yang mau turun terjun untuk menanam pakan hijauan ternak.

Begitu pakan hijau ternak siap, menurut Riki, pemuda bisa dapat hadir menjadi pengusaha tani atau pengusaha ternak.
“Kami sudah mempersiapkan bibit odot dan rumput gajah secara gratis. Syaratnya tentu saja lahan yang siap untuk ditanami,” pungkasnya. (*)

 

Reporter : Fadilla Jusman /  Editor : Heldi Satria

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]