Begini Penerapan K3 di Industri saat Pandemi Covid-19


Selasa, 27 Oktober 2020 - 18:23:21 WIB
Begini Penerapan K3 di Industri saat Pandemi Covid-19 Dok Politeknik ATI Padang.

HARIANHALUAN.COM - Terkait penerapan Keselamatan, Kesehatan, Kerja (K3L) dalam pandemi virus Corona atau Covid-19, Dosen Politeknik ATI Padang, Candrianto menyarankan untuk tidak menjadi pandemi sebagai halangan dalam beraktivitas. Tetapi jadikan situasi saat ini sebagai semangat untuk tetap melakukan kegiatan.

"Dengan artian tetap menjaga protokol kesehatan seperti yang disyaratkan pemerintah. Bagiamana menerapkan K3 saat pandemi?. Penerapan K3 dengan tetap menggunakan alat pelindung diri. Seperti yang diamatkan pemerintah, mencuci tangan, memakai masker, hand sanitizer," ujar Candrianto dalam kegiatan GOSEN (Ngobrol Bareng Dosen) Manajemen Logistik Industri Agro (MLIA) dikutip dari Youtube Channel Politeknik ATI Padang, Selasa (27/10/2020).

Candrianto menuturkan, hal tersebut merupakan contoh K3 yang diterapkan di masa pandemi secara umum. Jika saat berada di perusahaan setelah konsultasi dan magang di beberapa industri. Biasanya sewaktu memasuki perusahaan maka K3-nya sudah langsung diterapkan.

"K3 pertama, saat masuk pabrik wajib memakai APD. Misalnya APD kepala ada helm, APD badan ada baju kerja, APD kaki adalah sepatu kerja. Mahasiswa dan dosen pun juga melakukan hal yang sama apalagi masa pandemi," kata Candrianto.

Lebih lanjut, kata Candrianto, pada masa pandemi sejumlah perusahaan memberlakukan pekerjaan dalam berbentuk shift. Biasanya yang bekerja terdiri dari 15 orang, saat pandemi dibagi 7 orang. Dengan catatan menambahkan alat pelindung diri, seperti menyediakan kran cuci tangan.

"Seperti di Politeknik ATI Padang, setiap dosen yang masuk sudah menerapkan K3-nya, ada sabun cuci tangan, tisu basah dan kering. Sehingga mencegah terjadinya penularan Covid-19," sebut Candrianto.

Oleh karena itu, sambung Candrianto, prinsip penerapan K3 selama pandemi masih sama. Hanya saja, mengatur jarak para pekerja dengan yang lain. Artinya keluar masuk perusahaan tetap menggunakan masker, menggunakan alat pelindung diri lainnya.

"Seperti penerapan K3 perusahaan di Medan. Dimana makan siang yang biasanya disediakan perusahaan, sekarang saat pandemi makan siang dibawa dari rumah masing-masing. Dan jangan menggunakan alat makan yang sama dengan orang lain. Solat juga membawa sajadah masing-masing dari rumah," tukasnya. (*)

Reporter : Milna Miana /  Editor : Milna Miana

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]