Candrianto Beri Pengetahuan K3L pada Mahasiswa Politeknik ATI Padang Jurusan MLIA


Selasa, 27 Oktober 2020 - 18:25:03 WIB
Candrianto Beri Pengetahuan K3L pada Mahasiswa Politeknik ATI Padang Jurusan MLIA Dosen Politeknik ATI Padang, Candrianto.

HARIANHALUAN.COM - Dosen Politeknik ATI Padang, Candrianto memaparkan, ada sejumlah aspek di Keselamatan, Kesehatan, Kerja dan Lingkungan (K3L). Pertama, lingkungan kerja yang bisa dipandang dari beberapa segi, ada lingkungan fisik dan sebagainya.

Lingkungan kerja secara umum ada 11 item, yakni penerangan/cahaya d tempat kerja, temperauri/suhu udara di tempat kerja, kelembaban di tempat kerja, sirkulasi udara di tempat kerja, kebisingan di tempat kerja, getaran mekanis di tempat kerja, bau tidak sedap ditempat kerja, tata wana di tempat kerja, dekorasi di tempat kerja, musik di tempat kerja, dan keamanan di tempat kerja.

"Di tempat kerja itu perlu musik, karena apa? Untuk mencegah kejenuhan. Tapi kalau di dunia industri jangan, karena banyak mesin-mesin," kata Candrinto dalam kegiatan GOSEN (Ngobrol Bareng Dosen) Manajemen Logistik Industri Agro (MLIA) dikutip dari Youtube Channel Politeknik ATI Padang, Selasa (27/10/2020).

Candrianto menambahkan, aspek kedua adalah alat kerja dan bahan. Contohnya, alat dan bahan dibidang logistik agro. Kebetulan di Politeknik ATI Padang semua peralatan untuk kebutuhan industri ada. Setiap menggunakan alat harus selalu memakai pelindungan diri.

Aspek ketiga tentang cara melakukan pekerjaan. Supaya aman dalam bekerja maka perlu ada instruksi kerja, mengikuti standar operasional prosedur, setiap karyawan mengikuti training.

"Kalau mahasiswa, yang saya berikan di Majemen Logistik Industri Agro diberikan dalam bentuk mata kuliah, baik teori maupun praktek, dengan mendatangkan praktisi yang ada. Begitu hebatnya Politeknik ATI Padang dalam membangun komitmen K3-nya," tutur Candrianto.

Selanjutnya, memberikan breefing dan meeting. Kalau di industri biasanya dilakukan 3X seminggu. Jika saat kuliah selalu dimulai ketika perkuliah dengan slogan K3, yang berbunyi K3 Yes, Accident Adalah No.

Kemudian, Candrianto menjabarkan terkait prinsip menjalankan K3L di perusahaan. Terdiri dari, adanya alat pelindung diri di tempat kerja, adanya buku petunjuk penggunaan alat dan isyarat bahaya, adanya peraturan, pembagian tugas dan tanggung jawab.

"Adanya tempat kerja yang aman sesuai dengan syarat-syarat lingkungan kerja seperti tempat kerja steril, bebas dari debu, asap rokok, bebas dari kotoran, uap gas, radiasi, getaran mesin dan peralatan, kebisingan, penerangan cukup, ventilasi dan sirkulasi udara yang seimbang," sebut Candrianyo.

Lebih lanjut, kata Candrianto, adanya aturan kerja dan perilaku kerja, adanya penunjang kesehatan jasmani dan rohani di tempat kerja, adanya sarana prasarana yang lengkap di tempat kerja, dan adanya kesadaran dalam menjaga K3. (*)

Reporter : Milna Miana /  Editor : Milna Miana

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]