Sutan Riska: Usia Muda Tak Halangi Dharmasraya Menjelma Jadi Ikon Sumatera Barat


Selasa, 27 Oktober 2020 - 22:52:30 WIB
Sutan Riska: Usia Muda Tak Halangi Dharmasraya Menjelma Jadi Ikon Sumatera Barat Bupati Petahana Sutan Riska Tuanku Kerajaan saat beramah tamah dengan masyarakat Nagari Koto Padang Kecamatan Sitiung, Selasa (27/10) malam.

HARIANHALUAN.COM - Bupati Petahana Kabupaten Dharmasraya, Sumatera Barat, Sutan Riska Tuanku Kerajaan, menegaskan umur kabupaten pemekaran itu yang sudah berusia 16 tahun, tak akan menghalangi daerah itu tumbuh dan menjelma menjadi kawasan ikonik bagi Provinsi Sumatera Barat. 

"Selama empat tahun terakhir, dalam perangkingan kinerja untuk pemerintahan tingkat kabupaten, saat ini Dharmasraya sudah menduduki peringkat pertama untuk kategori daerah dengan kinerja sangat tinggi dan sudah berada pada ranking 10 besar untuk tingkat nasional pada kategori yang sama, " Ungkapnya, di Dharmasraya, Selasa (27/10). 

Menurutnya, pencapaian tersebut merupakan hasil kerja keras segenap elemen pemerintahan yang ia pimpin beserta do'a-do'a dan dukungan tulus dari seluruh masyarakat daerah itu. 

Ia menyebutkan, selama kepemimpinan periode pertamanya beberapa tunggakan pekerjaan yang diwariskan dari pemerintahan sebelumnya sudah berhasil ia tuntaskan seperti peningkatan ruas jalan dari Kecamatan Timpeh menuju Ibukota Kabupaten di Pulau Punjung, Jembatan Pulai yang menyatukan tiga kawasan kecamatan zona ekonomi yakni Padang Laweh, Timpeh dan Sitiung. 

"Dibidang kesehatan pondasi dasar peningkatan layanan kesehatan secara paripurna sudah kami mulai dengan dituntaskannya pembangunan gedung baru RSUD Sungai Dareh yang pada akhir tahun ini seluruh bagiannya termasuk ruang rawat inap sudah bisa dioperasikan, " Ungkapnya.

Sehingga, target untuk memberikan layanan tindakan pada instalasi medis rumah sakit tersebut, bisa dilaksanakan secara penuh tanpa harus merujuk ke rumah sakit lainnya maksimal pada 2023.

Selain itu, untuk program kedepan jika dipercaya kembali memimpin Kabupaten Dharmasraya untuk periode kedua, jelasnya, program peningkatan layanan di bidang pendidikan gratis dari tingkat Sekolah Dasar hingga Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama masih akan diteruskan. 

Sebagai tambahan, lanjutnya, ia bersama calon Wakil Bupati Dasril Panin Datuk Labuan, memprogramkan untuk memberikan bantuan baju seragam gratis bagi seluruh siswa baru anak usia sekolah pada setiap tahun ajaran baru. 

"Seluruhnya akan diiringi dengan peningkatan sarana prasarana infrastruktur pengembangan wilayah dalam upaya membangun kelancaran akses dalam kaitan untuk memberikan rangsangan bagi pertumbuhan ekonomi masyarakat, " Jelasnya. 

Ia menegaskan, untuk mewujudkan semua itu tidak akan bisa terlepas bantuan dan peranan pihak pemerintah pusat, mengingat dana kas daerah Kabupaten Dharmasraya tidak akan mencukupi untuk memenuhi itu semua. 

"Anggaran kita hanya berkisar sebesar satu triliun rupiah lebih pertahun dan setengahnya sudah habis untuk membiayai operasional pemerintahan termasuk gaji pegawai, tanpa adanya bantuan dana dari pusat melalui pihak kementerian terkait tentu mustahil rasanya pembangunan akan berlangsung dinamis, " Tegasnya. 

Sementara itu, Ketua KAN Nagari Koto Padang, Kecamatan Sitiung, H Edward Datuk Limbago Besar, mengapresiasi upaya yang telah dilakukan Sutan Riska Tuanku Kerajaan. 

"Dharmasraya akan rugi jika tidak mempercayakan kembali kepemimpinan Dharmasraya untuk periode keduanya, karena bisa saja pencapaian yang sudah baik ini akan bergerak mundur kembali jika dipimpin sosok yang tidak tepat dan pas serta tidak memiliki peluang dan jaringan kuat ke pihak pemerintah pusat, " Tutupnya. (*)

 

Reporter : Rully Firmansyah /  Editor : Heldi Satria

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]