Uus: Hanya Sedikit Riset yang Sampai ke Tahap Inovasi


Selasa, 27 Oktober 2020 - 23:33:36 WIB
Uus: Hanya Sedikit Riset yang Sampai ke Tahap Inovasi Dok Politeknik ATI Padang.

HARIANHALUAN.COM - Forum Lembaga Mahasiswa Perindustrian Indonesia (FLMPI) menggelar Pekan Kreatifitas Mahasiswa (PKM) Nasional ke-3, Sabtu (24/10/2020) lalu, bertajuk "New normal, new problems, and we create new things".

Opening Speech, Andika menjelaskan, PKM merupakan suatu kegiatan program kerja untuk mengembangkan bakat dan minat yang ada pada diri mahasiswa khususnya di lingkungan Kementerian Perindustrian, yang nantinya bisa ditonjolkan, diperlombakan, diapresiasi, dan bisa diwujudkan hasilnya. Sehingga bisa memajukan perindustrian.

"Terkait hal ini tentu sangat sinkron dengan materi yang akan dibawakan tentang inovasi, teknologi, dan sebagainya. Intinya bisa mengusung berjalannya PKM," kata Andika dikutip dalam Youtube Channel FLMPI Nasional, Selasa (27/10/2020).

Sementara itu, Perwakilan Pusat Pemanfaatan Inovasi Iptek, Uus Faizal Firdaussy membahas tentang research validate repeat. Research adalah mencari pendekatan secara sistemis metode ilmiah untuk mengkaji sebuah fenomena, baik itu memahami fenomena secara lebih baik ataupun membuat perbaikian terhadap fenomena yang sudah dipahami sebelumnya.

"Terus invonasi, merupakan hasil riset yang diimplementasikan. Riset belum bisa jadi inovasi jika belum diimplementasikan pada masyarakat atau industri," kata Uus.

Menurut Uus, sebuah riset akan bermanfaat dan memberikan dampak yang signifikan terhadap hidup di dunia ini jika telah diimplementasikan dan inovasi. Ketika mengambil kebijakan dan inovasi harus berbasis research atu ilmiah. Sehingga kebijakan yang diambil ada dasar ilmiah yang kuat dan risikonya akan lebih rendah.

Disamping itu, Uus juga menyinggung industri 4.0. Hanya sedikit hasil riset yang berhasil ke tahap inovasi. Populasi terbesar research ada di the valley of death. Artiny banyak yang tidak sampai dititik inovasi. Maka yang disebut inovasi adalah mereka yang melakukan roset sampai kebatas valley of death.

"Perlu keterlibatan pemerintah untuk menganalisis hambatan-hambatan riset sampai ke inovasi. Di situ nanti akan ketemu hambatan-hambatan. Sama halnya dengan kita memulai usaha, setiap industri pasti ada yang namanya hambatan," ujar Uus. (*)

Reporter : Milna Miana /  Editor : Milna Miana

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]