Divonis 2 Tahun Penjara, Berikut Jejak Kasus Petinggi Sunda Empire


Rabu, 28 Oktober 2020 - 08:04:29 WIB
Divonis 2 Tahun Penjara, Berikut Jejak Kasus Petinggi Sunda Empire Sidang vonis petinggi Sunda Empire

BANDUNG, HARIANHALUAN.COM - Tiga petinggi Sunda Empire akhirnya divonis hakim masing-masing dua tahun penjara. Ketiganya divonis secara bersamaan dalam sidang yang digelar di Pengadilan Negeri (PN) Bandung pada Selasa (27/10/2020).

Ketiga terdakwa yang duduk di kursi pesakitan itu yakni Nasri Banks, Raden Ratna Ningrum dan Raden Rangga Sasana. 

"Mengadili, menjatuhkan pidana terhadap ketiga terdakwa pidana masing-masing dua tahun," ucap hakim T Benny Eko Supriyadi saat membacakan amar putusannya.

Menilik ke belakang kisah Sunda Empire, kelompok ini bikin geger di akhir tahun lalu. Salah satunya melalui beberapa video aktivitas kelompok berseragam ala militer itu di sebuah gedung di kawasan UPI Bandung.

Bahkan kala itu, Raden Rangga kerap vokal akan kedigdayaan kelompok yang dipimpin oleh seorang 'kaisar' ini. Sejumlah klaim dilontarkan Rangga mulai dari anggotanya seluruh negara di dunia hingga lembaga sekelas NATO, PBB dan Pentagon berada di bawah Sunda Empire.

Video viral itu pun berujung pelaporan ke Polda Jabar. Penyidik Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Jabar kemudian menetapkan ketiga petinggi menjadi tersangka.

Kasus bergulir hingga ke meja hijau. Ketiganya didakwa melakukan penyiaran berita bohong hingga menimbulkan keonaran.

Sidang berjalan hingga masuk ke tuntutan. Dalam tuntutan, jaksa memberikan tuntutan ketiganya selama empat tahun penjara.

Akan tetapi, dalam putusan hakim, hukuman terhadap Rangga Cs diperingan menjadi masing-masing dua tahun penjara. Hakim menyatakan ketiganya terbukti bersalah atas penyiaran berita bohong hingga membuat keonaran sesuai dakwaan pertama Pasal 14 ayat (1) Undang-undang Nomor 1 tahun 1946.

Menurut hakim, tidak ada alasan pemaaf atas perbuatan ketiganya itu. "Selama persidangan, tidak ada alasan pemaaf," tuturnya. (*)

Editor : Rahma Nurjana

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]