TNKB Habis di Ditlantas Polda Sumbar, Warga Bukittinggi Kecewa


Rabu, 28 Oktober 2020 - 09:56:04 WIB
TNKB Habis di Ditlantas Polda Sumbar, Warga Bukittinggi Kecewa Ilustrasi TNBK Sumbar

BUKITTINGGI, HARIANHALUAN.COM - Salah seorang wajib pajak kendaraan bermotor, Asrial warga Bukittinggi mengaku kecewa, sebab Nomor Polisi (Nopol) atau Tanda Nomor KendaraanBermotor (TNKB) habis di Ditlantas Polda Sumbar.

Sebelumnya, dia telah bolak balik Bukittinggi-Padang untuk mengurus Bea Balik Nama (BBN) kendaraanya. "Saya kecewa, TNKB untuk mobil saya tidak keluar, sehingga BPKB tidak bisa diambil di Ditlantas Polda Sumbar. Akibatnya, saya tidak bisa membayar pajak kendaraan di Bukittinggi," kata Asrial.

Dia khawatir, jika sampai akhir bulan ini, TNKB kendaraannya tidak juga keluar. Maka dia tidak dapat memanfaatkan kebijakan pemerintah dalam penghapusan denda pajak dan pembebasan Bea Balik Nama kendaraan.

Menanggapi hal tersebut, Kepala Samsat Bukittinggi, Zulfahmi membenarkan Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (TNKB) atau registrasi dari pihak kepolisian telah habis. 

"Kuota penomoran kendaraan di Bukittinggi telah habis. Namun kini, sedang saya upayakan penambahan nomor kendaraan tersebut, bagi yang telah melakukan BBN di Ditlantas Polda Sumbar," katanya kepada HarianHaluan.com melalui selular, Selasa (27/10/2020).

Ia menjelaskan, bagi masyarakat yang telah melakukan pengurusan BBN di Ditlantas Polda Sumbar, namun belum mendapat TNKB. Maka Kantor Samsat Bukittinggi akan memberikan dispensasi. Meskipun, kebijakan masa berlakunya BBN gratis telah habis.

"Masyarakat tidak usah khawatir. Bagi yang telah melakukan BBN tapi belum mendapat TNKB. Maka akan kita beri dispensasi. BBN gratis berlaku hingga 31 Oktober mendatang," ulasnya.

Sementara itu, Kasi BPKB Ditlantas Polda Sumbar AKP. Angga Putra mengatakan, sebanyak 100 Nopol kendaraan di wilayah Bukittinggi kuota nya habis, karena membludaknya masyarakat mengurus BBN.

"Kendalanya terjadi di server Ditlantas. Saat ini nomornya sedang diacak lagi oleh tim IT Ditlantas. Kejadiannya telah berlangsung sejak seminggu lalu," kata Angga melalui selular.

Dia mengaku, permasalahan tersebut telah dikomunikasikan dengan pihak Dispenda Provinsi Sumbar. "Masyarakat yang telah mendaftar di bulan Oktober ini tetap mendapat pembebasan bea balik nama kendaraan, meskipun Nopolnya keluar di bulan November. Permasalahan ini, hanya terjadi di wilayah Bukittinggi saja, daerah lain tidak ada," ungkapnya.

Reporter : Yusril /  Editor : Rahma Nurjana

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]