Catat! Ini Bocoran Lokasi Simulasi Suntik Vaksin Covid di Indonesia


Rabu, 28 Oktober 2020 - 11:13:49 WIB
Catat! Ini Bocoran Lokasi Simulasi Suntik Vaksin Covid di Indonesia Ilustrasi

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mulai membahas pelaksanaan vaksin Covid-19 masih terus dilakukan, bahkan simulasi pelaksanaan vaksin pun sudah mulai dilakukan pemerintah.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menjelaskan, pelaksanaan imunisasi vaksin corona akan dilakukan dengan penuh kehati-hatian dengan standar World Health Organization (WHO).

Mengingat jumlah penduduk Indonesia yang hampir mencapai 270 juta, maka pemerintah pun sedang menyusun rencana detail untuk melakukan vaksinasi. Diakui Sri Mulyani, uji coba pelaksanaan vaksinasi corona sudah mulai dilakukan oleh Kementerian Kesehatan di Bogor, Bali, dan Ambon.

"Kita sudah melakukan berbagai simulasi di beberapa tempat. Kemenkes ada sebutkan tiga. Bogor, Bali, dan Ambon. Untuk kita bisa melihat bagaimana kemungkinan implementasi vaksinasi tersebut akan seperti apa. Ini akan menyangkut jumlah banyak dan lokasi yang beragam," jelas Sri Mulyani saat konferensi pers KSSK, Selasa (27/10/2020).

Kendati demikian, Sri Mulyani tidak kenapa memilih Bogor, Bali, dan Ambon sebagai daerah untuk dilakukan uji coba vaksinasi. Sri Mulyani juga tidak merinci, kapan dilakukannya simulasi uji coba vaksinasi tersebut.

Sri Mulyani mengatakan penting sekali untuk meyakinkan masyarakat bahwa vaksin yang sedang diupayakan oleh pemerintah tetap berdasarkan sains dan standar kesehatannya yang diadopsi secara internasional.

Menurut data dari Kemenkes, kata Sri Mulyani 90% dari cold storage yang dimiliki Indonesia sudah memenuhi standar WHO untuk menyimpan vaksin kelak. Meski sudah banyak, pengadaan cold storage yang memenuhi kriteria WHO harus ditambah.

"Agar kita bisa cakup seluruh perangkat vaksinasi yang aman dan bisa sesuai dengan standar internasional," ujarnya.

Pemantauan juga terus dilakukan terhadap vaksin Merah Putih yang dikembangkan di dalam negeri. Ia berharap, langkah-langkah ini dapat membuat Indonesia menjadi negara yang terus mengikuti perkembangan vaksin.

Berbagai persiapan juga diharapkan Sri Mulyani dapat membantu Indonesia menjadi negara pertama atau urutan paling awal yang melakukan vaksinasi. (*)

 Sumber : CNBC Indonesia /  Editor : Rahma Nurjana

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]