Natalia Soebagjo Sebut Alat Tes Antigen Lebih Akurat Daripada Rapid Test


Rabu, 28 Oktober 2020 - 12:39:42 WIB
Natalia Soebagjo Sebut Alat Tes Antigen Lebih Akurat Daripada Rapid Test Perwakilan Gerakan Solidaritas (GITA), Natalia Soebagjo. Ist

HARIANHALUAN.COM - Perwakilan Gerakan Solidaritas (GITA), Natalia Soebagjo meyakini, bahwa Indonesia bisa mengendalikan Covid-19 dengan solidaritas masyarakat, dan saling jaga menjaga. Selama ini RI juga rajin menggalangkan memakai masker. Itu sudah sangat penting ketika masyarakat keluar rumah.

"Kita sekarang juga sudah rajin sekali mencuci tangan dengan sabun, air mengalir sampai tangan mengering semua, serta menghindari kerumunan," seloroh Natalia dalam peluncuran Gerakan Solidaritas Sejuta Tes Antigen untuk Indonesia bertajuk "Jalan Menuju Pandemi Terkendali" melalui aplikasi Zoom bersama Jurnalis Ubah Laku, Rabu (28/10/2020).

Kendati demikian, Natalia menilai hal tersebut tidak cukup untuk menekan penularan virus Corona. Minimal masyarakat harus patuh, sedangkan pemerintah punya tanggungjawab, yaitu 3T (Testing, Tracing, Treatment). Berarti perlu melakukan tes massal, pelacakan gerak-gerik masyarakat apabila diketahui positif Covid-19.

"Terus juga melakukan treatment isolasi. Jadi ini wajib dilakukan oleh pemerintah dengan dukungan masyarakat karena kita tidak perlu takut dites, kita harus ikut berpartisipasi dalam testing ini," ajak Natalia.

Namun Natalia menyayangkan, tingkat testing di Indonesia sangat rendah kurang lebih baru menyentuh angka 16 ribu orang per 1 juta. Itu jauh dibawah dibandingkan angka yang diperlukan untuk bisa megendalikan testing.

"Penyebab rendahnya, karena biaya. Makanya ini tes antigen yang kita dorong adalah bentuk testing yang lebih akurat daripada rapid test. Tidak memerlukan lab yang complicatied. Dan kita ingin harganya terjangkau," harap Natalia.

Oleh karena itu, sambung Natalia, gerakan ini punya dua tujuan. Pertama, ingin masyarakat ikut menyumbang, mengumpulkan dana supaya bisa menekan harga untuk menyediakan alat tes ini yang disumbangkan untuk seluruh masyarakat.

"Kedua, kita juga ingin membantu menyumbangkan ke pihak-pihak yang paling tepat supaya testing ini bisa efisien dan efektif. Oleh karena itu mari bergabung dengan gerakana solidaritas. Karena tujuannya sederhana hanya untuk mengatasi penyebaran Covid-19. Bersama saya yakin kita bisa," tukasnya. (*)

Reporter : Milna Miana | Editor : Milna Miana

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]