Direstui WHO, Alat Tes Antigen Covid-19 Akan Dibagikan Gratis ke Masyarakat


Rabu, 28 Oktober 2020 - 13:06:37 WIB
Direstui WHO, Alat Tes Antigen Covid-19 Akan Dibagikan Gratis ke Masyarakat Kepal BNPB, Doni Monardo dalam peluncuran Gerakan Solidaritas Sejuta Tes Antigen untuk Indonesia bertajuk "Jalan Menuju Pandemi Terkendali" melalui aplikasi Zoom bersama Jurnalis Ubah Laku, Rabu (28/10/2020).

HARIANHALUAN.COM - Kepala Satgas Nasional Penanganan Covid-19, Doni Monardo mengatakan, dalam pengendalian virus Corona atau Covid-19 bisa melalui Gerakan Solidaritas Sejuta Tes Antigen untuk Indonesia. Gerakan ini diprakasai oleh Gerakan Indonesia Kita (GITA).

Gerakan ini terinspirasi dari Badan Kesehatan Dunia (WHO) bersama mitra-mitra global yang menyumbang Rp120 juta tes antigen kepada negara-negara.

"Indonesia sebenarya telah memproduksi tes antigen. Impor kita lakukan saat produksi dalam negeri dirasakan masih terbatas," sebut Kepal BNPB ini dalam peluncuran Gerakan Solidaritas Sejuta Tes Antigen untuk Indonesia bertajuk "Jalan Menuju Pandemi Terkendali" melalui aplikasi Zoom bersama Jurnalis Ubah Laku, Rabu (28/10/2020).

Doni Monardo menegaskan, produksi tes antigen murni karya anak bangsa. Seperti arahan Presiden Jokowi untuk memaksimalkan produk dalam negeri untuk menghadapi wabah Covid-19.

"Gerakan ini juga mengajak siapa saja yang ingin berkontribusi untuk menganti biaya produksi secara murah. Karena tes antigen akan disalurkan secara gratis pihak-pihak dan golongan masyarakat yang membutuhkannya," sebut Doni Monardo.

Selai itu, GITA menyampaikan kepada dirinya dan berharap munculnya produsen-produsen yang memiliki komitmen untuk perluasan alat rapid tes antigen dalam rangka skrining menghadapi Covid-19.

"Saya sangat mendukung gerakan ini dan semoga makin banyak pihak yang ingin berpartisipasi menjadi bagian dalam Covid-19 di Tanah Air. Semoga Tuhan Yang Maha Kuasa senantiasa melindungi bangsa Indonesia," tukasnya. (*)

Reporter : Milna Miana /  Editor : Milna Miana

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]