BNI Pastikan Tidak Ada Uang Nasabah yang Ditarik oleh Lima Komplotan Pelaku Skimming


Rabu, 28 Oktober 2020 - 18:52:51 WIB
BNI Pastikan Tidak Ada Uang Nasabah yang Ditarik oleh Lima Komplotan Pelaku Skimming Polresta Padang pastikan uang nasabah Bank Negara Indonesia (BNI) belum sempat ditarik lima kawanan pelaku Skimming

HARIANHALUAN.COM -- Polresta Padang pastikan uang nasabah Bank Negara Indonesia (BNI) belum sempat ditarik lima kawanan pelaku Skimming yang beraksi disalah salah satu ATM Kota Padang Sumatera Barat beberapa waktu lalu.

Kelima pelaku tersebut yakni Mangiring Laia panggilan Firman (35), Satria Wibowo panggilan Bowo (27), Roland Reza Lubis panggilan Reza (35), Sakban Daulay panggilan Ben (34), dan Jamal Alamsyah (24). Diketahui, perbuatan Skimming itu dikendalikan oleh seseorang asal Malaysia yang kini masih buron.

Walau belum sempat melakukan penarikan uang, namun sebanyak 81 data nasabah sudah dikantongi oleh para pelaku tersebut, termasuk pelaku asal Malaysia.

"Hal itu disampaikan oleh pihak BNI bahwa pelaku belum sempat melakukan penarikan uang nasabah sebanyak 81 orang," ungkap Kapolresta Padang, AKBP Imran Amir, Rabu (28/10/2020).

Kemudian kepada nasabah, kata dia, pihak BNI pun telah meminta kepada mereka langsung mengganti PIN atau data-data lain agar uang yang di ATM lebih aman.

"Pihak BNI juga menjamin bahwa apa yang terjadi di ATM BNI itu murni perbuatan kriminal yang dilakukan oleh pelaku dan ini juga bisa terjadi di semua ATM apapun," jelas Imran.

Sementara Wakil Pemimpin BNI Wilayah Padang Iwan Affandi didampingi Firmansyah mengucapkan terima kasih kepada Polresta Padang yang telah berhasil mengungkap jaringan pembobol kartu ATM tersebut.

"Terhadap kejadian kemarin, kami pastikan memang tidak ada data nasabah yang terkuras, BNI sudah melakukan pengamanan terhadap data nasabah," sebutnya.

Kemudian juga dipastikan, kata dia, tidak ada kerugian pada sisi nasabah dan pihaknya pun sudah mengamankan sistem pengamanan ganda sehingga semua ATM nasabah akan diminta melakukan penukaran PIN atau force pin supaya menukar nomor PIN.

"Selanjutnya, kami setiap harinya akan melakukan patroli ke mesin ATM-ATM yang berada di beberapa titik di Kota Padang. Jika ada benda yang mencurigakan langsung diamankan," tandasnya
 

Reporter : Buliza Rahmat /  Editor : Rahma Nurjana

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]