Dianggap Mengganggu Ketertiban Umum, Ratusan Pengunjuk Rasa di Depan Kantor DPRD Sumbar Dibubarkan.


Rabu, 28 Oktober 2020 - 21:31:03 WIB
Dianggap Mengganggu Ketertiban Umum, Ratusan Pengunjuk Rasa di Depan Kantor DPRD Sumbar Dibubarkan. Aksi unjuk rasa di depan DPRD Sumbar terpaksa dibubarkan

HARIANHALUAN.COM -- Ratusan pengunjuk rasa penolakan pengesahan UU Cipta Kerja (Ciptaker) kembali terjadi didepan Kantor Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sumatera Barat. 

Hingga pukul 18.00 WIB, aksi demo tersebut masih berlangsung, sehingga petugas kepolisian dari Polresta Padang meminta aksi untuk dibubarkan dan tidak berada di tengah jalan.

Imbauan itu bertujuan agar tidak mengganggu jalur lalu lintas dikawasan DPRD Sumbar tersebut. Menanggapi hal itu, peserta demo tidak mengindahkan imbauan dari petugas sehingga sempat terjadi cekcok antara peserta demo dengan petugas. 

Cekcok tersebut tidak sampai menimbulkan kericuhan setelah dilakukan negoisasi anatara pendemo dengan petugas. Akhirnya kondisi kembali normal dan arus lalu lintas kembali lancar serta peserta demo akhirnya membubarkan diri.

Hal itu dibenarkan Kepala Bagian Perencaan (Kabag Ren) Polresta Padang, Kompol Dewi Suryani mengatakan, bahwa telah dilakukan pembubaran demo karena telah mengganggu ketertiban umum.

"Karena telah mengganggu ketertiban, sehingga berdasarkan atensi Kapolresta petugas berpakaian preman dikerahakan untuk penanganan peserta demo," terangnya.

Dalam pelaksanaan aksi, kata dia, pihaknya mengupayakan untuk melakukan negoisasi demi keberlangsungan aksi damai sesuai dengan aturan.

"Selain itu, kami juga memperingati mereka untuk memakai masker. Karena ada sebagian dari mereka yang tidak memakai masker," tandasnya.

Sementara itu diketahui, selama aksi demo, arus lalulintas yang datang dari arah Tabing atau Basko Grand Mall dialihkan ke Jalan Khatib Sulaiman. Sedangkan, akses jalan lainnya masih normal tidak ada gangguan, karena dilakukan penuntutan satu jalur.
 

Reporter : Buliza Rahmat /  Editor : Rahma Nurjana

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]