Haluan Media Massa Berbahasa Indonesia Terbaik Nasional dari Sumbar


Rabu, 28 Oktober 2020 - 22:04:19 WIB
Haluan Media Massa Berbahasa Indonesia Terbaik Nasional dari Sumbar Haluan masuk 20 besar media massat berbahasa Indonesia terbaik Nasional

HARIANHALUAN.COM - Membanggakan, kata itu pantas disematkan untuk Koran Haluan. Pasalnya, media cetak yang terlahir pada tahun 1948 silam ini meraih predikat sebagai Surat Kabar Terbaik dalam Penilaian Penggunaan Bahasa Indonesia di Media Massa Cetak Tingkat Nasional. 

Berdasarkan surat edaran Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 2574/I3/BS/2020 tertanggal 27 Oktober 2020, untuk penganugerahan tahun ini Haluan masuk 20 besar nasional.

Posisi itu bertengger setelah Bisnis Indonesia, Republika, Pikiran Rakyat, Jawa Pos, Tribun Jabar, Superball, Suara Merdeka, Solo Pos, Kontan, Lampung Post, Radar Sampit, Mercusuar, Koran Sindo, Radar Lampung, Warta Kota, Radar Banten, Koran Jakarta, Koran Memo.

Diketahui, penjurian kegiatan penilaian penggunaan bahasa Indonesia di media cetak ini diselenggarakan berurutan pada 13, 20, dan 23 Oktober 2020 di Pusat Pembinaan dan Sastra, Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kemendikbud. 

Seperti dilansir dari melalui kanal YouTube Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kepala Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, E Aminudin Aziz mengatakan, di balik keterbatasan di masa pandemic Covid-19, kegiatan bulan bahasa dan sastra telah menumbuhkan banyak kreativitas dan mendapat banyak respon positif dari masyarakat.

“Bahkan kami mendengar dan mendapat komentar dari pemerhati bahasa dan sastra, yang menyatakan bahwa bulan bahasa dan sastra tahun ini terasa jauh lebih semarak. Memang benar, kreativitas itu tanpa batas bagi orang-orang yang mau berfikir,” kata Aminudin saat acara puncak bulan bahasa dan sastra 2020.

Aminudin menuturkan, sejak 1 Oktober hingga acara puncak, badan bahasa telah meyelenggarakan kegiatan di 30 kantor dan balai bahasa di seluruh Indonesia, seperti berbagai lomba, gelar wicara dalam berbagai topik kebahasaan dan kesastraan, perbincangan atau diskusi, gerakan yang meningkatkan sikap positif terhadap bahasa Indonesia, juga pagelaran-pagelaran khas kebahasaan dan kesastraan.

Menurut Aminudin, keunggulan dalam bulan bahasa dan sastra 2020 begitu banyaknya generasi muda yang terlibat dalam berbagai kegiatan selama bulan bulan bahasa dan sastra, menunjukkan tingginya kepedulian generasi muda terhadap bahasa persatuan.

Keunggulan lainnya, bulan bahasa dan sastra telah mampu menjangkau generasi-generasi muda yang mengalami keterbatasan baik dalam penglihatan maupun pendengaran.

Aminudin meyampaikan, penyelenggaran bulan bahasa dan sastra akan dijadikan tonggak kebangkitan badan bahasa agar menjadi lembaga yang benar-benar bermartabat dan bermanfaat kehadirannya. Serta benar-benar dirasakan masyarakat karena mengedepankan norma-norma dan menjunjung profesionalisme.

"Ke depan, badan bahasa akan lebih tanggap, dan insyaallah lebih baik dalam mengemban misinya. Kita akan terus menggelorakan semangat yang mulai tumbuh bersama harapan baru itu," ujarnya. (*)

Reporter : Milna Miana /  Editor : Rahma Nurjana

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]