Anda Pengguna iPhone? 12 Fakta Menarik Ini Wajib Diketahui


Kamis, 29 Oktober 2020 - 06:02:56 WIB
Anda Pengguna iPhone? 12 Fakta Menarik Ini Wajib Diketahui Ilustrasi

HARIANHALUAN.COM - iPhone sudah lama beredar, tapi sampai sekarang masih diidamkan banyak orang. Bagi mereka yang memilikinya atau berencana, berikut beberapa fakta menarik soal iPhone yang dirangkum detikINET dari berbagai sumber, Kamis (29/10/2020).

1. iPhone bukanlah ponsel pertama yang diumumkan Apple. Jadi sebelum iPhone rilis pertama kali pada 2007 silam, Apple berkolaborasi dengan Motorola untuk memproduksi ponsel. Hasilnya sebuah perangkat yang bernama Rokr E1. Ponsel ini dirilis pada 7 September 2005.

2. iPhone diperkenalkan pada awal tahun 2007. Mendiang Steve Jobs, saat itu CEO Apple, memperkenalkan iPhone generasi pertama di Macworld pada 9 Januari 2007 di San Francisco, California.

3. Jam 9:41 sering digunakan Apple untuk promosi tampilan produknya, di iPhone, iPad, hingga Mac. Tradisi penggunaan waktu tersebut masih sering disematkan sampai iPhone 7. Mantan eksekutif Apple Scott Forstall pernah mengungkapkan sebabnya. 40 menit merupakan waktu yang ideal untuk mempresentasikan sebuah produk ke khalayak umum sebelum ke acara puncak, yakni penampilan wujud produk.

4. Tanggal 29 Juni 2007 menandai momen iPhone resmi dijual. Merujuk ke artikel MacWorld, iPhone generasi pertama saat itu mulai dijual di Amerika Serikat dengan harga USD 499 buat model 4GB dan USD 599 buat model 8GB, sama-sama membutuhkan kontrak 2 tahun.

5. Arti kata i pada iPhone adalah internet. Tidak hanya iPhone, produk Apple lain pun banyak yang berawalan i. Pada tahun 1998 ketika Steve Jobs memperkenalkan iMac, dia mengungkap bahwai merupakan kependekan internet. Tapi kemudian, dia juga pernah mengatakan i bisa juga berarti inspire, instruct dan lainnya.

6. Ketika Steve Jobs memperkenalkan iPhone di 2007, layarnya yang 3,5 inch terbuat dari plastik. Namun saat dirilis ke publik, berubah jadi layar Gorilla glass. Rupanya Jobs tak senang layar plastik mudah tergores sehingga dia menuntut iPhone harus memakai layar kaca.

7. Apple pernah menyebutkan jumlah pengguna iPhone di tahun 2019 adalah 900 juta. Seorang analis menyatakan angka itu sudah menembus 1 miiar pengguna aktif di seluruh dunia pada tahun 2020 ini.

8. Diluncurkan tahun 2007, ide iPhone sejatinya sudah muncul pada tahun 2002. Mendiang Steve Jobs memikirkan konsep iPhone pada tahun tersebut karena dia memprediksi produk mobile akan semakin canggih dan membuat iPod tak lagi diminati. Namun baru sekitar tahun 2005 konsep iPhone mulai dipikirkan serius. Sampai akhirnya handset berbasis iOS itu menggebrak pasar 2 tahun kemudian.

9. Sebelum memutuskan memberi nama iPhone pada ponsel kebanggaannya, Apple pun sempat mempertimbangkan berbagai macam nama. Salah satunya iPad. Namun akhirnya, nama iPhone yang dipilih. Sedangkan iPad, seperti diketahui, menjadi nama komputer tablet Apple yang diluncurkan beberapa tahun sesudah kehadiran iPhone.

10. Apple tak sadar bahwa nama iPhone ternyata sudah dipatenkan oleh perusahaan teknologi Cisco. Cisco kemudian menggugat Apple karena merasa patennya digunakan tanpa izin. Jobs turun tangan sendiri berunding dengan pimpinan Cisco sehingga Apple boleh menggunakan nama iPhone.

11. Pada awalnya ide App Store sempat urung diluncurkan karena Steve Jobs tak menyukainya. Jobs awalnya tidak senang ada pihak luar akan menciptakan aplikasi untuk iPhone karena aplikasi tersebut bisa jadi tidak bagus dan mengandung virus. Namun akhirnya Jobs merestui App Store setelah berbagai diskusi dengan petinggi Apple.

12. Cukup banyak media dan pengamat teknologi skeptis iPhone akan sukses, meski tak sedikit yang meyakini sebaliknya. Ulasan di New York Times menyebutkan iPhone adalah perangkat revolusioner namun punya banyak kelemahan. Sedangkan situs Cnet menilai iPhone generasi awal tidak punya fitur lengkap, seperti 3G. iPhone kenyataannya menuai sukses besar di pasaran.(*)
 

 Sumber : detik.com /  Editor : Nova Anggraini

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]