Cegah Covid-19, Sekolah di Pessel Harus Terapkan AKB Aspek Sosial Budaya di Bidang Pendidikan


Kamis, 29 Oktober 2020 - 08:26:29 WIB
Cegah Covid-19, Sekolah di Pessel Harus Terapkan AKB Aspek Sosial Budaya di Bidang Pendidikan Ilustrasi

HARIANHALUAN.COM - Pjs Bupati Pesisir Selatan, Mardi mengeluarkan surat edaran Nomor 100/298/STC-19/X/2020 tentang Tata Cara Pelaksanaan Adaptasi Kebiasaan Baru Aspek Sosial Budaya di Bidang Pendidikan. Surat edaran itu ditujukan kepada kepala MAN/MAS, MTsS dan MIN/MIS, kepala SMA/SMK, SMP dan SLB, pengawas SMP, kordik kecamatan, kepala UPT SD dan kepala PAUD se-kabupaten.

Menurut Pjs Bupati Mardi, dalam rangka melakukan penegakan hukum Perda Provinsi Sumatera Barat Nomor 6 tahun 2020 tentang Adaptasi Kebiasaan Baru Dalam Pencegahan dan Pengendalian Covid-19 serta peraturan perundang-undangan, maka perlu diterapkan adaptasi kebisaan baru aspek sosial budaya di bidang pendidikan.

Ia menjelaskan, adaptasi kebiasaan baru aspek sosial budaya di bidang pendidikan yang wajib diterapkan tersebut antara lain, menunjuk petugas untuk melakukan pembersihan dan penyemprotan disinfektan pada fasilitas satuan pendidikan secara berkala. "Tidak menggunakan absensi sidik jari untuk sementara waktu," katanya dikutip dari website resmi Pemkab Pessel, Kamis (29/10).

Lalu juga diminta untuk menyediakan tempat mencuci tangan yang dilengkapi sabun dan air mengalir, serta mengarahkan tenaga pendidik dan peserta didik mencuci tangan. Menyediakan alat pengukur suhu tubuh dan melakukan pemeriksaan suhu tubuh. Segera berkoordinasi dengan fasilitas pelayanan kesehatan terdekat apabila terdapat tenaga kependidikan dan peserta didik mengalami gejala klinis Covid-19.

Wajib tenaga kependidikan dan peserta didik memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan pakai sabun dengan air mengalir. Memasang media informasi yang berisi ketentuan untuk menjaga jarak, mencuci tangan pakai sabun dengan air mengalir serta memakai masker. Selanjutnya, mencegah adanya kerumunan di area satuan pendidikan.

"Ya, untuk memastikan protokol kesehatan pencegahan Covid-19 terlaksana dengan baik, Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan melalui Tim Terpadu akan melakukan razia penegakan hukum. Apabila ditemukan pelanggaran, maka akan dikenakan sanksi administratif dan pidana berdasarkan Pasal 92, 94 dan 102 Perda Provinsi Sumatra Barat Nomor : 6 tahun 2020," ucapnya.(*)

Reporter : Merinda Faradianti /  Sumber : berita.pesisirselatankab.go.id /  Editor : Nova Anggraini

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]