H Mawarman: Memilih Sutan Riska Sebuah Langkah Bijak Untuk Dharmasraya


Kamis, 29 Oktober 2020 - 12:50:49 WIB
H Mawarman: Memilih Sutan Riska Sebuah Langkah Bijak Untuk Dharmasraya Tokoh Masyarakat sekaligus salah seorang Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Dharmasraya, H Muwarman, saat menyerahkan bantuan Alat Pelindung Kesehatan (APK) untuk Puskesmas Gunung Medan, Kecamatan Sitiung, belum lama ini.

DHARMASRAYA, HARIANHALUAN.COM - Tokoh masyarakat sekaligus anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Dharmasraya Sumatera Barat, H Muwarman Datuk Pangulu Mudo, menilai kembali memilih dan mempercayakan kembali jabatan bupati daerah itu kepada calon petahan Sutan Riska Tuanku Kerajaan, adalah sebuah langkah bijak bagi masyarakat pemilih dalam menentukan arah pembangunan Dharmasraya kedepan. 

"Kita tidak bicara tentang sosok yang sempurna untuk menjadi pemimpin, akan tetapi lebih kepada sikap memilih sosok yang tepat sesuai kondisi kekinian, baik dari sisi hubungan dengan pemerintah pusat, program pembangunan yang tepat sasaran dan kemampuan manajerial yang teruji serta kecepatan dalam mewujudkan tahapan pembangunan yang tertuang dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD), " ungkapnya, di Dharmasraya, Kamis (29/10). 

Menurutnya, pasca merebaknya isu pandemi virus Covid-19 diakui banyak situasi yang jauh berubah khususnya tentang perekonomian dan kondisi keuangan daerah yang sudah tidak maksimal lagi dan butuh langkah cepat untuk upaya pemulihannya. 

Untuk mengatasi itu semua, lanjutnya, satu-satunya cara yang yang paling masuk akal adalah mampu menarik sebanyak-banyaknya dana dari pemerintah pusat untuk menjaga keberlangsungan pembangunan di daerah. 

"Sementara kondisi penurunan nilai dana kas pusat juga terjadi saat ini, dan diprediksi akan ada langkah-langkah rasionalisasi penganggaran di sejumlah kementerian terkait dan hampir dipastikan juga akan terjadi perubahan nilai dan skala prioritasnya, " Ungkapnya. 

Untuk menjaga agar Kabupaten Dharmasraya bisa tetap bertahan sebagai salah satu daerah yang selama ini cukup mendapatkan prioritas dalam pembiayaan program-program pembangunan strategis dari pemerintah pusat, tidak bisa tidak adalah dengan mempertahankan Sutan Riska Tuanku Kerajaan sebagai Bupati Dharmasraya. 

Karena, lanjutnya, hubungan harmonis yang berhasil dibangun Sutan Riska selaku kader dengan unsur pemangku kebijakan tertinggi dari partai pemenang Pemilu dan Pilpres 2019, merupakan modal kuat yang tidak dimiliki oleh para Bupati di Provinsi Sumatera Barat. 

"Dengan kata lain, jika kembali terpilih sebagai Bupati di Kabupaten Dharmasraya maka Sutan Riska diyakini akan lebih siap dalam sisi mana pun untuk bersaing dengan para kepala daerah se-Indonesia dalam memperebutkan porsi anggaran dari pemerintah pusat yang nilai dan prioritasnya sudah berubah tersebut, " Ulasnya. 

Melihat fakta tersebut diatas, lanjutnya, akan menjadi sebuah kerugian besar bagi masyarakat Kabupaten Dharmasraya yang menginginkan daerahnya berkembang dan maju, karena berbagai luncuran program yang ditawarkan itu nantinya akan berbanding lurus dengan peningkatan taraf kualitas hidup masyarakat setempat. 

Ia menjelaskan, hingga titik ini Dharmasraya sudah berhasil menunjukkan geliat pembangunan dan sedang bersiap-siap menuju kawasan pengembangan ekonomi serta menjadi ujung tombak dalam perencanaan pengembangan kawasan oleh berbagai kementerian untuk wilayah Sumatera Barat.

"Jika pada  momentum pilkada kali ini kita salah menunjuk pemimpin maka bukan tidak mungkin perubahan kebijakan oleh pemerintah yang baru akan memicu kemunduran dan menghilangkan Dharmasraya dari peta proyeksi skala prioritas daerah yang akan dikembangkan oleh pemerintah pusat, " tutupnya. (*)

Reporter : Rully Firmansyah /  Editor : Rahma Nurjana

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]