Dosen Jurusan MLIA Politeknik ATI Padang Lakukan PKM Pelatihan Pengolahan Produk Berbasis Durian


Kamis, 29 Oktober 2020 - 13:12:33 WIB
Dosen Jurusan MLIA Politeknik ATI Padang Lakukan PKM Pelatihan Pengolahan Produk Berbasis Durian Dok Politeknik ATI Padang.

HARIANHALUAN.COM - Pada masa pandemi saat ini, Dosen Politeknik ATI Padang tetap berupaya untuk melaksanakan Tridharma Perguruan Tinggi. Salah satunya melakukan pengabdian kepada masyarakat melalui kegiatan Progam Kemitraan Masyarakat (PKM). Dimana proses pelatihan yang dilakukan saat ini sedikit berbeda dengan kegiatan pelatihan pada tahun-tahun sebelumnya.

Kegiatan PKM yang diketuai Dr. Lisa Nesti M.Si yang merupakan dosen Program Studi Manajemen Logistik Industri Agro (MLIA) mengatakan, tujuan dilaksanakan PKM ini untuk menjalankan Tridharma Perguruan Tinggi, selain itu juga dapat membantu masyarakat dalam meningkatkan nilai tambah produk durian sehingga perekonomian masyarakat lebih terjamin.

PKM ini memiliki Tema “Pelatihan Pembuatan Pengemasan dan Pelabelan Produk Berbasis Durian Untuk Meningkatkan Nilai Tambah bagi Masyarakat di Batu Busuak, Kelurahan Lambung Bukit, Kota Padang”.

"Tahapan awal kegiatan PKM yang dilakukan pada bulan Juni 2020 yaitu survei awal yang bertujuan  untuk mengetahui kondisi dan  permasalahan yang dihadapi oleh masyarakat," jelas Lisa.

Survei dilakukan dengan wawancara dengan Ketua PKK Batu Busuak, Risnawati. Dia menjelaskan kendala yang dihadapi oleh masyarakat dalam mengembangkan usaha pengolahan buah durian adalah pengetahuan dan teknologi yang terbatas tentang inovasi mengenai olahan buah durian.

"Kurangnya perhatian dari pembina industri dan pemda maupun pihat terkait juga menjadi salah satu kendala bagi masyarakat untuk mengembangkan usaha ini. Adapun yang menjadi harapan masyarakat dalam menjalankan usaha ini kedepannya adalah usaha ini dapat meningkatkan perekonomian masyarakat Batu Busuak," katanya.

Dari permasalahan yang dihadapi masyarakat Batu Busuak, Tim PKM Dosen MLIA Politeknik ATI Padang yang beranggotakan Dr. Lisa Nesti, M.Si, Radna Ningsih, SE, MM, Rizaldi Sardani, SS, M.Hum, Meilizar, MT, Nurike Oktavia, MT, Suci Oktri Viarani M, MT dan Ridha Luthvina, MT memberikan solusi dengan melaksanakan pelatihan pengolahan produk berbasis durian, proses pembuatan label dan strategi pemasaran.

Mengingat kondisi saat ini, kegiatan pelatihan tidak dapat dilakukan seperti biasanya, maka tim PKM menyiapakan konsep pelatihan berupa Video Tutorial tentang proses pembuatan produk berbasis durian, Video tentang pembuatan label dan Video tentang strategi pemasaran sehingga tidak perlu mengumpulkan masyarakat untuk mengikutinya.

"Hasil dari Video tutorial tersebut yang telah diserahkan kepada masyarakat berupa Compact Disk (CD) selain itu hasil video juga dapat dilihat melalui Youtube Politeknik ATI Padang," ujar Lisa.

Pada 6 OKtober 2020, hasil dari PKM ini kemudian diserahkan langsung ke masyarakat yang diterima oleh Risnawati dan salah satu anggota PKK Ibu Lina dengan menandatangani Berita Acara serah terima.

Lina mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya untuk Tim PKM Politeknik dan Ibu Lisa sebagai ketuanya. Dia sangat gembira sekali dan surprise dengan olahan produk durian sudah dibuat dan video tutorialnya.

"Kami baru tahu sebatas jus durian dan dodol, itupun baru sebatas dibicarakan, belum sampai produk jadinya. Kami berharap sekali kalau Tim PKM bisa memperagakan secara langsung dihadapan anggota PKK untuk demonya dan dapat lebih banyak lagi menghasilkan produk berbasis durian lainnya," tutup Lina. (*)

Reporter : Milna Miana /  Editor : Milna Miana

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]