LPS: Tak Ada Bank Umum yang Sekarat Gegara Covid-19


Kamis, 29 Oktober 2020 - 17:21:04 WIB
LPS: Tak Ada Bank Umum yang Sekarat Gegara Covid-19 Tangkapan layar Youtube Kemenkeu

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Lembaga Penjaminan Simpanan (LPS) menegaskan selama periode Januari sampai Oktober 2020, terdapat 6 (enam) BPR yang dicabut izin usahanya oleh OJK. Hal itu menanggapi sejumlah pemberitaan yang menyebutkan bahwa terdapat 7 (tujuh) bank gagal akibat pandemi. 

Selanjutnya, LPS melakukan penjaminan simpanan dan likuidasi terhadap 6 BPR yang dicabut izin usahanya tersebut. "Pada tahun 2020 atau pada masa pandemi ini, tidak ada Bank Umum yang ditangani LPS," jelas LPS dalam keterangan resminya, Kamis (29/10/2020).

Jumlah BPR yang ditangani LPS tahun 2020 hampir sama dengan jumlah BPR yang ditangani LPS pada tahun-tahun sebelumnya dan masih dalam tren yang wajar serta tidak membahayakan sistem perbankan. Proses likuidasi yang dilaksanakan LPS terhadap enam BPR tersebut tidak mempengaruhi kondisi industri perbankan secara keseluruhan.

Ketua Dewan Komisioner LPS, Purbaya Yudhi Sadewa menjelaskan bahwa kondisi perbankan masih stabil yang ditunjukkan oleh kondisi permodalan dan likuiditas yang memadai serta profil risiko yang terjaga. "Tekanan pada perbankan selama masa pandemi ini masih dapat dikendalikan dengan baik sehingga tidak membahayakan sistem perbankan."

 Sumber : CNBC Indonesia /  Editor : Rahma Nurjana

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]