Diperiksa! Orang yang Masuk ke Riau, Ini Tujuannya


Jumat, 30 Oktober 2020 - 11:31:34 WIB
Diperiksa! Orang yang Masuk ke Riau, Ini Tujuannya Gubri meninjau posko cek poin di Kampar (RMID/Nurmadi)

HARIANHALUAN.COM-Gubernur Riau Syamsuar bersama Kapolda Riau Irjen Agung Setya Imam Effendi, Danrem 031/WB Brigjen TNI MS Ismed, Danlanud Roesmin Nurjadin Pekanbaru Marsma Ronny Irianto Moningka, Danlanal Dumai Kolonel (P) Himawan, Sekdakab Kampar Yusri, meninjau posko cek poin di XIII Koto Kampar, Kabupaten Kampar. 

Hal tersebut dilakukan untuk memastikan kondisi pemeriksaan kesehatan bagi orang yang masuk ke Provinsi Riau dalam keadaan sehat. 

Gubri mengatakan, pengecekan kesehatan yang dijalankan di posko cek poin tersebut, untuk memastikan masyarakat yang masuk dan keluar Riau mematuhi protokol kesehatan, seperti memakai masker, menjaga jarak dalam kendaraan, dan juga mengukur suhu tubuh. Ini dilakukan untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19 di masa libur panjang akhir bulan ini. 

"Dari pemantauan yang kami lakukan, petugas sudah menjalankan pengecekan terhadap arus orang yang masuk ke Riau. Terutama mengecek penerapan protokol kesehatan," sebut Syamsuar, Kamis (29/10/2020).


Selain pengecekan suhu tubuh dan protokol kesehatan, kata Gubri, setiap orang yang akan masuk ke Riau, juga dilakukan pencatatan identitas dan tujuannya. Hal tersebut untuk mengetahui kemana tujuan orang tersebut, sehingga jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan akan mempermudah proses tracing pasien.

"Jadi mereka yang masuk ke Riau itu didata, kemana tujuannya dan juga identitas. Ini dilakukan untuk mempermudah proses tracing kontak jika ada yang diketahui positif Covid-19," katanya.

Sementara itu, salah seorang warga yang berada di lokasi pengecekan suhu tubuh mengatakan, ia warga Pekanbaru dari Payakumbuh dan balik ke Pekanbaru. Ia diperiksa kesehatan dan didata identitas. Selama pemeriksaan kondisi tubuhnya sehat dan memakai masker.

“Saya mau balik ke Pekanbaru, tadi cek suhu saja, suhu saya 36,5, dan saya selalu memakai masker. Tidak hanya di sini, di Sumbar kita juga diwajibkan pakai masker. Jadi tak ada masalah untuk pengecekan,” kata Yani, warga Simpang Tiga, Pekanbaru.

Dari peninjauan di lapangan, petugas juga masih menemukan warga yang tidak memakai masker, terutama pengendara sepeda motor, dan juga kendaraan roda empat. 

Ada juga kendaraan yang isinya tidak sesuai protokol kesehatan. Petugaspun mengingatkan agar menjaga jarak, dan membagikan masker kepada warga yang tidak memakai masker.  (*)

/ Editor : Dodi

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]