Selama Pandemi Covid 19, Masyarakat Sumbar Diminta Tetap Patuhi Protokol Kesehatan


Jumat, 30 Oktober 2020 - 12:08:07 WIB
Selama Pandemi Covid 19, Masyarakat Sumbar Diminta Tetap Patuhi Protokol Kesehatan Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno. Ist

HARIANHALUAN.COM - Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno menjelaskan Peraturan Daerah (Perda) Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB). Pemprov Sumbar selalu intens melakukan sosialisasi Perda AKB ke berbagai pelosok Sumbar termasuk di Kabupaten Padang Pariaman.

"Perda AKB memberlakukan sanksi bagi pelanggar protokol Covid-19 ini diketahui seluruh warga. Tujuannya tak lain untuk menekan pertumbuhan kasus Covid-19 di Sumbar," ujarnya, kemarin.

Irwan menginginkan warga menaati protokol kesehatan supaya aktivitas masyarakat tetap berlangsung di tengah pandemi. Agar aktivitas perekonomian dapat bangkit kembali pasca terpuruk sejak pandemi corona.

Inti dari sosialisasi yang dilakukan Pemprov Sumbar adalah mengingatkan bahwa Perda AKB memuat butiran sanksi terhadap protokol kesehatan. 


"Mulai dari sanksi teguran, denda Rp 100 ribu dan paling banyak Rp 250 ribu sampai sanksi kurungan. Selanjutnya bagi para pelaku usaha yang melakukan pelanggaran tersebut diancam dengan pidana kurungan paling lama satu bulan atau denda paling banyak Rp 15 juta," jelas Irwan.

Sementara itu, Pjs Bupati Padang Pariaman Adib Alfikri menjelaskan, pada peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW tahun ini, pihaknya hanya mengikutsertakan sebagian dari warga, dengan dibagi menjadi dua. Yaitu malam ini dan besok siang zikir bersama.

"Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya di mana peserta zikir hingga puluhan orang, tahun ini kita batasi," tuturnya.

Disamping itu, Adib menyampaikan bahwa pada saat ini kita berada pada situasi pandemi Covid-19, terlebih juga di Sumbar masih ada masyarakat yang tidak percaya dengan adanya Covid dan juga ada yang percaya bahwa dirinya tidak akan tertular Covid.

"Untuk itu, saya mengajak bersama-sama mensosialisasikan dan mengedukasi kepada masyarakat untuk taat dengan protokol kesehatan dengan menggunakan masker, mencuci tangan, menjaga jarak, dan menghindari kerumunan," serunya. (*)

Reporter : Milna Miana / Editor : Milna Miana

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]