Butuh Jutaan Unit Testing Covid-19, GITA Ajak Masyarakat Sumbang Dana dan Tenaga


Jumat, 30 Oktober 2020 - 12:24:58 WIB
Butuh Jutaan Unit Testing Covid-19, GITA Ajak Masyarakat Sumbang Dana dan Tenaga Ilustrasi

HARIANHALUAN.COM - Ketua GITA Alif Iman Nurlambang mengajak masyarakat Indonesia menyumbangkan tenaga dan dana untuk menambah jumlah testing karena kebutuhannya mencapai jutaan unit. Peran serta masyarakat dianggap penting menopang pemerintah.

Pihak GITA tengah mendekati perusahaan penyedia antigen agar bisa menjual produknya dengan harga terjangkau. Nantinya uang hasil donasi akan dibelikan alat tes antigen sebanyak mungkin.

Alif mengatakan GITA terbuka bagi perusahaan mana saja yang ingin bekerjasama menyediakan antigen. Syaratnya produk antigen perusahaan tersebut masuk kategori murah, akurat, punya izin edar dan sesuai standar WHO.

“Syarat hadapi pandemi dengan testing diperkuat, ini saatnya kita buat ini terwujud. Sebab selalu kabarnya Indonesia lemah dalam testing, di bawah standar WHO. Misal ini hanya dibebankan pada satgas Covid-19 maka tidak bakal bisa terkejar. Testing itu harus jadi upaya yang dijalankan semua pihak,” ujar Alif dalam peluncuran Gerakan Solidaritas Sejuta Tes Antigen untuk Indonesia bertajuk "Jalan Menuju Pandemi Terkendali" melalui aplikasi Zoom bersama Jurnalis Ubah Laku, baru-baru ini.

Kepala BNPB sekaligus Ketua Satuan Tugas Penanganan Covid-19, Doni Monardo, mengapresiasi semangat GITA untuk merangkul sebanyak mungin dukungan publik dalam menambah penyediaan testing. Doni mendukung gerakan tersebut sebagai solidaritas bersama melewati krisis pandemi ini.

Doni menyebut Indonesia sudah bisa memproduksi rapid test antigen untuk dimanfaatkan bagi masyarakat sehingga tak perlu bergantung dari impor.

“Gerakan ini ajak siapa saja untuk ganti biaya produksi dan disalurkan gratis ke masyarakat yang membutuhkannya. Harapannya muncul produsen-produsen yang punya komitmen sama untuk tambah testing Covid-19, semoga makin banyak pihak yang berpartisipasi,” kata Doni. (*)

Reporter : Milna Miana /  Editor : Milna Miana

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]