PNP Buka Peluang Praktisi dan Profesional Pariwisata Jadi Dosen


Jumat, 30 Oktober 2020 - 19:51:19 WIB
PNP Buka Peluang Praktisi dan Profesional Pariwisata Jadi Dosen Direktur PNP Surfa Yondri (kanan). Ist

HARIANHALUAN.COM - Dalam mewujudkan pendidikan vokasi yang berkualitas dan diakui industri di Era Revolusi Industri 4.0, Politeknik Negeri Padang (PNP) siap membuka ruang kerja sama yang erat dengan cara memberikan kesempatan kepada praktisi industri/profesional di sektor pariwisata untuk mengajar di kampus perguruan tinggi vokasi ini.

Hal ini juga dimaksudkan untuk mempermudah setiap mahasiswa melakukan praktik kerja industri dan project work dengan dunia usaha dan dunia industri (DUDI) sektor pariwisata.

Hal itu diungkapkan Direktur PNP, Surfa Yondri dalam Semiloka “Implementasi Kurikulum Berkarakter Kearifan Lokal Berbasis Industri” di Hotel Grand Zuri Padang, dilansir dari website PNP, Jumat (30/10/2020).

Semiloka tersebut merupakan implementasi dari Program Penguatan Perguruan Tinggi Vokasi (P3TV) yang diluncurkan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dalam rangka meningkatkan relevansi pendidikan di perguruan tinggi dengan dunia industri (link and match).

Surfa Yondri merinci, semiloka tersebut juga dimaksudkan untuk memberikan kesempatan kepada profesional atau pekerja untuk berkontribusi dalam institusi pendidikan vokasi sekaligus meningkatkan kualitas lulusan Program Studi Usaha perjalanan pariwisata (UPW) yang sesuai dengan kebutuhan industri kepariwisataan.

"Caranya dengan mengajak semua stakeholder yang terkait pariwisata untuk terlibat aktif dalam perancangan dan pelaksanaan kurikulum dan program pemagangan mahasiswa. Selain itu juga untuk menggalang kerja sama yang sinergis dan kolaboratif dengan pemerintah daerah penyelenggara pendidikan," ujar Surf Yondri.

Semiloka tersebut diikuti oleh sekitar 60 orang peserta, termasuk dinas pariwisata kabupaten/kota dan penggiat pariwisata. Dalam semiloka tersebut juga diselenggarakan penandatanganan MoU PNP dengan Dinas Pariwisata Kabupaten Agam, Kabupaten Limapuluh Kota, Kabupaten Sijunjung, Kota Sawahlunto dan Kota Pariaman.

MoU dengan dinas pariwisata kabupaten/kota di Sumbar tersebut merupakan salah satu tindak lanjut dari MoU dengan dinas pariwisata provinsi Sumbar dan asosiasi pariwisata yang telah dilaksanakan pada 22 Juli 2020, demikian Ketua Panitia Penyelenggara, Sarmiadi, S.E., M.M.

Koordinator Program Studi Usaha Perjalanan Wisata, PNP, Yudhytia Wimeina didampingi staf pengajar, Rini Eka Sari. MMTHRL melaporkan UPW awal berdirinya pada 2008 hanya satu kelas, namun dengan meningkatnya peminat, dalam 3 tahun terakhir PNP membuka 2 lokal. Ratusan lulusannya sudah berkiprah di dunia industri pariwisata di Sumbar. (*)

Reporter : Milna Miana /  Editor : Milna Miana

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]