Bersama Deri Asta, Mulyadi Lihat Langsung Potensi Kota Sawahlunto


Jumat, 30 Oktober 2020 - 20:11:29 WIB
Bersama Deri Asta, Mulyadi Lihat Langsung Potensi Kota Sawahlunto Bersama Deri Asta, Mulyadi Lihat Langsung Potensi Kota Sawahlunto

HARIANHALUAN.COM - Calon Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) nomor urut 1 Mulyadi tidak mau menyia-nyiakan waktunya saat berkunjung ke Kota Sawahlunto. Bersama Walikota Sawahlunto Deri Asta, Mulyadi melihat semua potensi yang dimiliki oleh kota Warisan Dunia UNESCO tersebut.

Selain terkenal dengan batu baranya, Sawahlunto juga dikenal dengan kota penhasil Songket Silungkang. Bersama Deri Asta, Mulyadi berkunjung ke sentra pembuatan Songket Silungkang di Kecamatan Silungkang, Kamis (29/10/2020). Mulyadi melihat langsung proses penenunan Songket Silungkang. Tampak hadir tokoh masyarakat yang juga Ketua LKAAM Kota Sawahlunto Dahler Djamaris Dt. Panghulu Sati.

Setelah itu, Mulyadi langsung menuju tempat penjualan Songket Silungkang, tepatnya di Kampung Tenun, Sawahlunto. Mulyadi memborong beberapa songket untuk dibawa pulang.

Setelah berdialog dengan pengrajin dan pedagang songket, Mulyadi menyebut ada penurunan drastis dari penjualan Songket Silungkang. Hal itu disebabkan oleh pandemi Covid-19 yang juga dirasakan oleh pengrajin dan penjual.

Dia bersyukur, pemerintah Kota Sawahlunto telah mengambil keputusan untuk membeli songket dari pengrajin dan menyimpannya. Sehingga pengrajin masih bisa memenuhi kebutuhannya sehari-hari karena mata pencaharian hanya sebagai pengrajin songket.

"Sehingga penghasilan mereka tetap ada, kalau kita membeli ke pengrajin berdasarkan kebutuhan dan permintaan, mungkin sudah berhenti pengrajin. Alhamdulillah pemerintah telah mengambil kebijakan yang berpihak kepada usaha mikro, sehingga sampai saat ini masih bisa mereka masih punya pendapatn untuk kebutuhan sehari-hari," jelas Mulyadi.

Sementara itu, Deri Asta mengucapkan terima kasih kepada Mulyadi karena telah meluangkan waktu untuk melihat potensi yang ada di Sawahlunto. Kondisi Covid-19 saat ini diakui Deri merupakan situasi sulit, banyak yang terdampak. 

Oleh sebab itu, dia membutuhkan intervensi semua pihak untuk membantu perekonomian masyarakat. Dia yakin, Mulyadi yang saat ini menjadi salah satu calon pada Pemilihan Gubernur (Pilgub) Sumbar 2020 telah menyusun langkah-langkah untuk membantu masyarakat terutama pelaku UMKM.

"Kita atas nama masyarakat Sawahlunto mengucapkan terima kasih banyak Pak Mulyadi berkenan meluangkan waktu untuk berkunjung ke tempat-tempat industri rekstil yang ada di Kec. Silungkang," ujar Deri Asta.

"Kami yakin beliau sudah menyiapkan langkah-langkah untuk mengembangkan ini di masa yang akan datang," tambahnya.

Lebih lanjut, Deri Asta mengajak Mulyadi untuk melihat potensi wisata Batu Runciang yang berada di dataran tinggi. Kawasan tersebut merupakan salah satu situs geologi. Dari atas puncak tersebut, kita bisa melihat Sijunjung dan Kota Sawahlunto yang berada di balik bukit-bukit dari jajaran Bukit Barisan.

Tak sampai di sana, Mulyadi juga mengunjungi Museum Goedang Ransoem. Anggota DPR RI suara terbanyak se-Sumbar itu melihat setiap sudut museum yang digunakan untuk memasak makanan bagi puluhan ribu pekerja tambang batu bara pada zaman Belanda. Mulyadi juga menyempatkan menonton film pendek tentang proses penambangan batubara di museum tersebut.

Mulyadi menutup kunjungannya di Sawahlunto dengan melihat keindahan kota dari Puncak Cemara. Dia semakin yakin potensi yang dimiliki Sumbar begitu besar yang harus dimanfaatkan sebesar-besarnya untuk kepentingan masyarakat Sumbar. (*)

 Sumber : rilis /  Editor : Heldi Satria

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]