Pencarian Hari Pertama Penangkap Lobster Hilang di Mentawai Masih Nihil


Jumat, 30 Oktober 2020 - 20:37:39 WIB
Pencarian Hari Pertama Penangkap Lobster Hilang di Mentawai Masih Nihil Hari pertama pencarian seorang nelayan penangkap atau penjaring lobster di Mentawai yang dilaporkan hilang.

HARIANHALUAN.COM - Hari pertama pencarian seorang nelayan penangkap atau penjaring lobster di Mentawai yang dilaporkan hilang sejak Kamis (29/10) di Pulau Siruso, Dusun Kautek, Desa Teikako, Kec Sikakap, belum membuahkan hasil.

"Hari ini tim SAR gabungan telah melakukan pencarian pertama terhadap korban hilang sesuai lokasi yang diduga hilangnya korban, namun sampai matahari terbenam belum membuahkan hasil dan pencarian akan dilanjutkan besok pagi," terang Kepala Kantor SAR Kelas B Mentawai Akmal, Jumat (30/10), lewat whatsapp pribadinya. 

Ia memaparkan kronologis singkat hilangnya nelayan pencari udang yang diketahui bernama Rolasta Sabelau (34). Pada tanggal 29 Oktober 2020, bersama 4 orang rekannya pergi menjaring udang di Pulau Siruso, Dusun Kautek, Desa Teikako, Kec Sikakap, namun, saat kembali diketahui 1 orang diantaranya tidak kunjung kembali.

"Kejadian tersebut dilaporkan langsung oleh unsur Forkopimcam Kecamatan Sikakap, kemudian Tim SAR langsung bergerak dari Pelabuhan Tuapejat menggunakan Rib 02 untuk melakukan pencarian korban," terangnya.

Sementara itu 4 orang rekan korban yang kembali dengan selamat setelah menjaring lobster diantaranya Sudirman (45), Imur (38), Rianto (34) dan Jumer (20). Posisi pencarian korban yang dilaporkan hilang tersebut yaitu dengan koordinat: 2°51'39.24"S -  100°7'47.93"E atau 59 NautikalMill dari dermaga Tuapejat. 

Adapun peralatan SAR yang digunakan antara lain Rib 02 Sar Mentawai, alat komunikasi, alat navigasi, peralatan evakuasi, rescue carrier, peralatan protokol kesehatan dan perahu masyarakat.

Kemudian unsur SAR yang terlibat antara lain, Tim Rescue SAR Mentawai, Banisa Kodim, Pol Air, BPBD, Bakamla, Koramil 04 Sikakap, Polsek Sikakap, tim kecamatan dan masyarakat.

"Operasi hari ini kondisi cuacanya hujan ringan, kec angin 1 - 8 Knots, gelombang 1,25 - 2,5 meter. Operasi akan dilalanjutkan kembali besok pagi, harapan kita korban dapat segera ditemukan dengan kondisi selamat," tutupnya.(*)

Reporter : Redi /  Editor : Nova Anggraini

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]