Pandemi Covid-19, Pegiat Literasi Sawahlunto akan Rilis Buku


Jumat, 30 Oktober 2020 - 20:54:40 WIB
Pandemi Covid-19, Pegiat Literasi Sawahlunto akan Rilis Buku Buku Sawahlunto Sejuta Cerita Rakyat

HARIANHALUAN.COM - Pandemi Covid-19 tidak mematahkan semangat Komunitas Literasi Ombilin (Kolom) Sawahlunto dalam berkarya.
Setidaknya hal itu ditunjukkan dengan dibukukannya 34 naskah terbaik yang dibungkus dalam buku Satu Juta Cerita Rakyat.

"Alhamdulillah, meski pandemi Covid-19, tetap banyak peserta yang mengirimkan naskah. Setidaknya 34 naskah dibukukan," ungkap Ketua Kolom Sawahlunto, Armadison, Jumat (30/10).

Pegiat literasi yang juga jurnalis di salah media lokal Sumbar itu, mengungkapkan buku yang menghimpun puluhan cerita rakyat Sawahlunto tersebut berasal tidak hanya dari penulis di Sumatera Barat.

"Ada penulis yang berasal dari Batam, Jakarta, Jawa Barat, bahkan ada yang berasal dari Thailand," terang bapak dua anak itu.

Menurut Armadison, Kolom Sawahlunto akan merilis buku tersebut menjelang HUT Kota Sawahlunto ke 132 tahun.
"Buku ini berasal dari pengiat literasi Sawahlunto, Sumatera Barat dan nasional yang didedikasikan untuk Kota Sawahlunto," katanya.

Menurut Armadison, buku yang dihimpun dari Sayembara Cerita Rakyat Sawahlunto itu berawal dari keinginan untuk mengisi libur Covid-19 bagi pelajar dan masyarakat. Ternyata begitu dirilis, mendapatkan banyak lirikan dari penulis dan pegiat literasi.

Kapolres Sawahlunto, AKBP Junaidi Nur, SIK salah satu supported dalam pelaksanaan Sayembara Menulis Cerita Rakyat Sawahlunto menyatakan semangat literasi harus terus dikembangkan di tengah masyarakat.

"Apalagi kondisi pandemi Covid-19 saat ini, khususnya para pelajar harus diisi dengan kegiatan produktif," kata Junaidi Nur.(*)
 

Reporter : Fadilla Jusman /  Editor : Nova Anggraini

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]