Soal Pandemi, Trump: Lonjakan Covid-19 Akan Segera Hilang


Jumat, 30 Oktober 2020 - 23:42:57 WIB
Soal Pandemi, Trump: Lonjakan Covid-19 Akan Segera Hilang Donald Trump

HARIANHALUAN.COM – Isu pandemi virus corona masih menjadi perhatian utama dalam debat final calon presiden Amerika Serikat (AS) antara petahana Donald Trump dengan saingannya, mantan Wakil Presiden Joe Biden di Nashville, Tennessee, Kamis (22/10/2020).

Membuka debat, Moderator Kristen Welker dari NBC News mengajukan pertanyaan mengenai tahap berikutnya penanganan virus corona, yang akan diambil kedua capres saat duduk di Gedung Putih. AS saat ini melihat peningkatan kasus Covid-19 di sebagian besar wilayahnya, dengan angka kematian akibat penyakit itu dilaporkan telah menembus 1.000 per hari.

Seperti di debat dan pidatonya sebelumnya, Trump membela penanganan virus corona administrasinya, mengatakan peningkatan kasus dan kematian yang terjadi saat ini di AS dan berbagai negara dunia “akan segera hilang”.

“Ada lonjakan dan peningkatan di tempat-tempat lain. Mereka (lonjakan Covid-19) akan segera hilang,” kata Trump.

Biden menyerang catatan Trump terkait pandemi, terutama terkait angka kematian yang telah mencatat lebih dari 220.000 korban meninggal dunia akibat Covid-19. Politikus berusia 77 tahun itu mengatakan bahwa Trump bertanggung jawab atas angka kematian tersebut, dan menjanjikan penanganan yang lebih baik jika terpilih.

"Siapa pun yang bertanggung jawab atas banyak kematian itu tidak boleh tetap menjadi Presiden Amerika Serikat," kata Biden.

"Saya akan urus ini, saya akan akhiri ini, saya akan pastikan kita punya rencana,” lanjutnya.

Meski ada aturan untuk mematikan mikrofon, kedua kandidat tetap saling menyela dan melontarkan ejekan satu sama lain, terlepas dari upaya moderator menjaga debat tetap tertib.

Selain penanganan pandemi Covid-19, beberapa isu lain yang juga menjadi topik dalam debat final ini adalah terkait kebijakan imigrasi, campur tangan asing dalam pilpres, isu Korea Utara, sistem kesehatan, dan mengenai perubahan iklim.

Debat ini adalah konfrontasi langsung terakhir kedua capres sebelum pemilihan presiden 3 November. Lebih dari 43 juta warga AS telah memberikan suara mereka dalam pemilihan umum kali ini, baik melalui pos atau datang langsung ke tempat-tempat pemungutan suara (TPS) dalam pemilu awal.(*)

 Sumber : okezone /  Editor : Nova Anggraini

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]