Tindakan Operasi Puluhan Juta Terbantu dengan Adanya JKN-KIS


Sabtu, 31 Oktober 2020 - 07:43:43 WIB
Tindakan Operasi Puluhan Juta Terbantu dengan Adanya JKN-KIS Peserta JKN-KIS di Kabupaten Sijunjung, Ardi Suwanto. Ist

HARIANHALUAN.COM-Terdaftar menjadi peserta JKN-KIS membuat pengobatan anaknya Ardi Suwanto (52 tahun) sangat terbantu. Karena anaknya harus segera mendapatkan tindakan operasi dari dokter. Sehingga membuatnya harus berobat secara intensif dan harus menelan biaya yang banyak.

Namun, setelah didaftarkan oleh kantornya yang bergerak di bidang listrik dirinya merasa terbantu karena diberikan layanan dan fasilitas yang menunjang pengobatan anaknya untuk sembuh.

Saat dihubungi Harianhaluan.com, Jumat (30/10) Ardi Suwanto bercerita bahwa pengobatan anakanya terbantu karena layanan dari BPJS Kesehatan tersebut. "Kami didaftarkan oleh kantor saya yang bergerak di bidang listrik dan terbantu karena penyakit di tangannya harus segera dioperasi dan harus mengeluarkan biaya yang banyak," katanya.

Sebelumnya, anak Ardi mengalami pembengkakan di tangannya. Sehingga harus mendapatkan penanganan dari dokter. Sebab, pembengkakan yang terjadi di tangan tersebut menghambat aktivitas sehari-hari. Ardi memutuskan untuk melakukan operasi di rumah sakit yang ada di Kabupaten Sijunjung dan harus dirujuk ke rumah sakit yang ada di Kota Padang.

Kata Ardi, fasilitas yang diberikan oleh rumah sakit dan tenaga kesehatan sangat baik tanpa membedakan pasien. "Semua biaya dan pengurusan JKN-KIS ini diberikan oleh tempat kerja saya," jelasnya.

Saat ditanya mengenai Program JKN-KIS yang memiliki jargon "Dengan Gotong Royong Semua Tertolong"  Ardi memaknainya dengan mengatakan program tersebut sangat membantu masyarakat di bidang kesehatan. Selain mendapatkan jaminan kesehatan dengan baik, para peserta JKN-KIS juga mendapatkan layanan konsultasi dengan tenaga dokter spesialis yang profesional.

"Jika tidak ada program seperti ini mungkin biaya yang harus saya keluarkan sangat banyak. Terlebih lagi harus dioperasi dan dirujuk ke rumah sakit besar dengan layanan yang baik," terangnya.

Ia berharap dengan adanya program JKN-KIS tersebut dapat terus membantu masyarakat dan memberikan kelayakan jaminan kesehatan dengan baik. Ardi juga berharap agar fasilitas yang diberikan dapat diperharui sehingga dapat diakses secara cepat saat keadaan darurat.

"Semoga program ini semakin baik dengan fasilitas yang lebih baik lagi. Tidak ada pungutan biaya sedikit pun dari rumah sakit. Pengeluaran lainnya yang harus saya keluarkan untuk kebutuhan sehari-hari saat di rumah sakit," harapnya.(*)

Reporter : Yeyen /  Editor : Dodi

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]