Korban Gempa Turki-Yunani Hingga Sabtu Siang, 28 Meninggal Dunia dan 800 Terluka


Sabtu, 31 Oktober 2020 - 09:37:50 WIB
Korban Gempa Turki-Yunani Hingga Sabtu Siang, 28 Meninggal Dunia dan 800 Terluka Gempa terparah di wilayah Seferihisar sisi Selatan Izmir, di Turki barat . (Foto Twitter)

HARIANHALUAN.COM-Korban akibat gempa magnitudo (M) 7,0 di Turki hingga Yunani masih terus bertambah. Hingga saat ini total  sebanyak  28 orang  dilaporkan  meninggal dunia dan lebih dari 800 orang luka-luka akibat gempa tersebut.

Tsunami kecil juga melanda distrik Kota Seferihisar sisi Selatan Izmir, di Turki barat yang terkena dampak gempa paling parah.

Seperti dilansir AFP, Sabtu (31/10/2020), korban tewas akibat gempa tersebut saat ini bertambah 3 orang menjadi 22 orang. Jumlah korban tewas tersebut dilaporkan paling banyak terjadi di Izmir, Turki dan sisanya di Pulau Samosa, Yunani.

Gempa tersebut juga telah melukai hampir 800 orang di Turki hingga Yunani. Selain memakan korban jiwa, gempa juga meruntuhkan puluhan bangunan di kota Izmir, Turki. 

Seperti diketahui, Kerusakan paling banyak ditemukan di sekitar kota Aegean, Izmir, Turki. Kota tersebut dilaporkan memiliki tiga juta penduduk dan dipenuhi dengan blok apartemen bertingkat tinggi.

Sementara itu, KBRI Ankara menyatakan sejauh ini tidak ada warga negara Indonesia (WNI) yang menjadi korban.

"Sejauh ini tidak diperoleh laporan mengenai adanya WNI yang terkena dampak langsung gempa tersebut," ujar Koordinator Perlindungan WNI KBRI Ankara Harliyanto melalui keterangan tertulis, Sabtu (31/10/2020).

Selain berkoordinasi dengan otoritas setempat, KBRI Ankara dan Satgas Perlindungan WNI di Turki juga terus mengumpulkan informasi dari simpul-simpul masyarakat Indonesia di wilayah terdampak gempa. (*)

 Sumber : Mercinews /  Editor : Dodi

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]